Temanggung - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah bekerjasama dengan LPPL ERTE FM Kabupaten Temanggung menyelenggarakan literasi media untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan ormas, Rabu (26/4).

Acara tersebut diikuti sebanyak 150 orang dari kalangan pelajar, mahasiswa dan ormas. Selain itu hadir juga perwakilan dari beberapa radio yang ada di Kabupaten Temanggung.

Tiga pembicara dalam acara tersebut yaitu Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sosiawan dengan materi mengenai kebijakan pemirsa dalam bermedia. Kemudian jurnalis senior Nonii Anee yang membawakan materi tentang bagaimana membuat media lebih bermanfaat, dan Ketua Komisioner KPID Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo.

Acara ini lebih memfokuskan para peserta untuk menjadi agen literasi media agar peserta memiliki kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media (termasuk anak-anak) menjadi sadar tentang cara media dikonstruksi (dibuat) dan diakses.

Acara berlangsung selama 120 menit dengan pemaparan dari narasumber diikuti dengan sesi tanya jawab baik dari para peserta maupun para pendengar eRTe FM karena acara ini juga disiarkan secara langsung oleh 94.8 FM eRTe FM.

Ketua Komisioner KPID Jateng Budi Setyo Purnomo optimis, dengan adanya acara ini diharapkan baik para peserta maupun pendengar bisa lebih kritis dan aktif dalam memilah tiap acara yang ada di media baik itu dalam bentuk pemberitaan maupun acara-acara lain.

Terutama bagi para pelajar yang merupakan calon-calon pemimpin bangsa, agar dapat membentuk generasi baru yang lebih baik, katanya. (MC Tmg/Ara/Adi Rm)