BBRSBG Temanggung Laksanakan Simulasi Tanggap Bencana

Ditulis pada Jumat, 27 Apr 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) bersama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan simulasi bencana kebakaran dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKSBN) yang dilaksanakan serentak pada hari Kamis (26/4).

Kegiatan simulasi yang diikuti anak-anak penyandang disabilitas ini bertujuan untuk melatih kewaspadaan, pengetahuan cara melindungi diri dan mengatasi bencana kebakaran. Dalam simulasi ini anak-anak disabilitas diberikan arahan cara memadamkan api, baik kecil maupun besar, juga diberikan arahan cara membantu dan mengevakuasi teman atau korban yang luka.

Ada banyak keseruan dalam kegiatan ini karena pelatih harus benar-benar kerja keras untuk memberi pengarahan kepada anak-anak disabilitas. “ Pasti banyak kesulitan dalam kegiatan ini, tapi kami akan dengan semangat dan sabar membimbing anak-anak disabilitas yang ada di BBRSBG ini,“ ungkap Gito Walngadi Plh. Kepala BPBD Kabupaten Temanggung.

Senang bisa mengikuti memadamkan api,“ ujar Bayu salah satu siswa disabilitas BBRSBG Temanggung.

Sebelum diadakannya kegiatan ini, para siswa sudah diberikan pemahaman dan pengarahan mengenai cara menghadapi bencana kebakaran dan cara untuk mengevakuasi korban yang luka.

Dalam pelaksanaan simulasi, para penyandang disabilitas dibagi menjadi tiga kelompok dengan tingkat pemahaman yang berbeda, sehingga pelaksanaan simulasi bisa berjalan dengan baik dan aman.

Semoga dengan adanya kegiatan simulasi tanggap bencana ini para siswa penyandang disabilitas paling tidak bisa melindungi dirinya sendiri seperti contoh tadi melindungi kepalanya dengan bantal “ ungkap Ambar kepala Bidang Penyaluran dan Bimbingan Lanjut BBRSBG Temanggung. (MC TMG/Penulis, Foto: Aji Editor: Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Pendidikan, Sosial, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

JAMAAH HAJI KABUPATEN TEMANGGUNG TH 2018 DIBERANGKATKAN

Temanggung, Media center – Ada yang berbeda dari acara pemberangkatan jama

Pemkab Temanggung Fasilitasi 25 Area Free Wifi Publik

Temanggung, Media Center – Terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten Teman

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018