UNKP di SLB Temanggung Berjalan Lancar

Ditulis pada Rabu, 25 Apr 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center – Didampingi para guru, lima siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Djojonegoro Temanggung melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dengan lancar, Selasa (24/4).

Lima siswa tersebut terdiri dari 1 orang siswa tuna netra dan 4 orang siswa tuna rungu wicara. Para siswa – siswi tersebut mengerjakan ujian secara UNKP dengan kriteria soal yang sudah ditentukan dengan kemampuannya masing – masing. “Materi ini khusus untuk SLB dan semuanya itu soalnya dari pusat, dari BSNB,” jelas Waluyo selaku Ketua Panitia Pengawas Ujian SLB Djojonegoro Temanggung.

Waluyo mengatakan untuk menghadapi UNKP ini, siswa – siswinya telah melakukan simulasi dengan tryout – tryout yang sudah dilakukan selama beberapa kali. Dia menyampaikan bahwa saat pelaksanaan UNKP terdapat sedikit kendala dalam pengerjaan soal ujian.

Untuk yang tuna netra, pengliatan kurang, sementara tulisannya sama dengan umumnya sehingga mengalami kendala saat membacanya, kemudian tuna rungu wicara kesulitan dalam memahami bahasanya, karena pengalaman hari sebelumnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia soalnya panjang – panjang, “ ungkap Waluyo.

Tetapi kondisi seperti ini tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaan ujian di SLB Djojonegoro Temanggung karena telah disiapkan berbagai langkah antisipasi sebelumnya.

Selanjutnya,  selain lima siswa yang mengikuti UNKP juga terdapat 21 siswa tuna grahita, dengan rincian 8 siswa tuna grahita ringan dan 13 siswa tuna grahita sedang yang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN).

Sementara itu, untuk jumlah keseluruhan di eks-Karisidenan Kedu terdapat total 51 siswa yang mengikuti UNKB. Mereka terdiri dari 3 siswa tuna netra, 43 tuna rungu dan 5 siswa tuna daksa. Sedangkan untuk tuna grahita yang terdiri dari tuna grahita ringan, sedang, tuna daksa sedang dan juga autis terdapat 97 siswa.

Pantauan selama pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP ini menurut Mudjiyono selaku Pengawas Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menegaskan sebagian besar pelaksanaan ujian terpantau lancar tanpa kendala. (MC TMG / Penulis, Foto ; Ria / Editor ; Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Pendidikan, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

JAMAAH HAJI KABUPATEN TEMANGGUNG TH 2018 DIBERANGKATKAN

Temanggung, Media center – Ada yang berbeda dari acara pemberangkatan jama

Pemkab Temanggung Fasilitasi 25 Area Free Wifi Publik

Temanggung, Media Center – Terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten Teman

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018