Petani Tretep Temanggung Gelar Grebeg Panen Bawang

Ditulis pada Selasa, 24 Apr 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter – Pada musim panen bawang putih di Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung  tahun ini dimeriahkan dengan grebeg bawang putih di kawasan Desa Wisata Wagir Bawang, Desa Simpar. Acara berlangsung selama 2 hari Sabtu – Minggu, 21-22 April 2018, bertajuk Ritual Obong Sengkala dan Ritual Siraman Gaman Tani, dimeriahkan juga dengan Prosesi 1000 obor.

Camat Tretep Gotri Wijianto menjelaskan dalam wawancara dengan tim mediacenter, bahwa pihaknya menggelar Grebeg Bawang tersebut dimulai pada Sabtu (21/4) pagi dengan acara doa bersama dilanjutkan “Ngumbah Gaman Tani” sebagai perlambang reresik atau sesuci agar tanaman bawang putih melimpah. “Malamnya dilanjutkan dengan Ritual Obong Sengkala dengan maksud agar semua sengkala (halangan/rintangan), semua penyakit, kebodohan dan kemiskinan, lenyap dari bumi Tretep”, pungkas Gotri Wijianto.

Wagir Bawang adalah sebuah dusun di Desa Simpar Kecamatan Tretep, yang terletak di lereng Gunung Prahu. Wilayah ini berhawa sejuk dan telah menjadi objek wisata alam gunung "Wagir Bawang" dengan pesona pemandangan alam dataran tinggi.

Doa para petani untuk merealisasikan impian itu diantaranya dengan melakukan Grebeg Bawang Putih dengan ritual yang dimaksudkan untuk memberi semangat kepada masyarakat.

Nuansa malam itu sangat meriah dengan dinyalakannya 1000 obor dan melakukan kirab keliling dusun. “Obor adalah filosofi api yang memberi penerangan dan juga membakar semangat masyarakat agar selalu membara dalam mewujudkan swasembada bawang putih,” tandas Gotri.

Gotri juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan sebagai tradisi tahunan guna menggerakkan semangat masyarakat untuk terus menanam bawang putih. Tradisi ini jika dilakukan terus menerus akan menjadi budaya khas daerah yang kelak akan menjadi ikon wisata, khususnya di Wagir Bawang yang telah menjadi trend di sosial media.

“Kami jajaran pemerintah Kecamatan Tretep mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat dan jajaran dinas terkait atas supportnya sehingga grebeg bawang sukses meriah,” tandas Gotri mengakhiri wawancaranya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung, Editor:Ekape)

Bagikan:

JAMAAH HAJI KABUPATEN TEMANGGUNG TH 2018 DIBERANGKATKAN

Temanggung, Media center – Ada yang berbeda dari acara pemberangkatan jama

Pemkab Temanggung Fasilitasi 25 Area Free Wifi Publik

Temanggung, Media Center – Terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten Teman

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018