Warga Geblok Temanggung, Kembali Hidupkan Cengklungan

Ditulis pada Kamis, 05 Apr 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center  - Cengklungan sebagai alat musik tradisional, kini diperkenalkan kembali oleh masyarakat dari Dusun Geblok, Desa Krajan, Kaloran Temanggung.

Cengklungan sendiri sudah ada sejak zaman dulu. Awalnya cengklungan ini hanya digunakan sebagai alat berlindung saat orang mengembala bebek atau kerbau. Suyadi (60) salah seorang warga desa tersebut menyebutkan Cengklungan ini ada sebelum adanya Gamelan.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat membutuhkan musik adat sebagai salah satu kesenian yang harus mereka miliki. Memanfaatkan benda – benda yang sudah ada, nyatanya masyarakat Geblok tersebut dapat memunculkan inovasi dari Cengklungan.

Mulai dari 1986 alat kesenian ini mulai kita gugah, untuk nguri – uri budaya jawa juga”, ungkap Suyadi. Beralih fungsi dari pelindung tubuh, saat ini Cengklungan dipoles menjadi alat musik. Cara memainkannya pun cukup mudah dan dapat dimainkan oleh semua kalangan.

Sampai saat ini Cengklungan menjadi alat musik yang masih dipertahankan oleh masyarakat Geblok meskipun sudah tidak ada yang membuat Cengklungan, tetapi mereka dapat memesannya dilangganan yang biasa mereka pesan untuk membuatnya.

Cengklungan tersebut akan dimainkan ketika ada momen–momen tertentu, seperti acara desa, ataupun  juga jika hasil panen bagus. Selain itu Cengklungan pasti dimainkan setiap memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. (MC TMG /Penulis : Ria / Foto : Aji : Editor : Ekape)

Bagikan:

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua

Dinkominfo Ajak Siswa Peserta MOS Berinternet Secara Cerdas

Temanggung, MediaCenter – Dalam mengisi kegiatan Masa Orientasi Siswa

Bea Cukai Beri Izin Usaha Pabrik Rokok Di Temanggung

Temanggung, MediaCenter – Qimpuls salah satu perusahaan rokok di Temanggun


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018