Beralih Tanam Jambu, Zainuri Dapatkan Hasil Memuaskan

Ditulis pada Selasa, 03 Apr 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center -  Berani mengambil langkah baru, Zainuri (84), petani asal Dusun Nogo, Desa Salamsari Kedu Temanggung ini mencoba menanam Jambu di sawah miliknya sejak bulan Juli 2017 lalu.

Dia mengaku, ide untuk menanam jambu ini merupakan ide dari sang anak yang sebelumnya lahan miliknya ditanami tembakau maupun padi. Tetapi usai melakukan berbagai perhitungan dan pertimbangan dengan hasil panen padi, akhirnya Zainuri merasa yakin untuk mengambil langkah tersebut.

Saat ini Zainuri telah menanam pohon jambu sebanyak 200 batang pohon di sawah miliknya yang luasnya mencapai 3.000 m2  . Ia mengaku mendapatkan bibit buah jambu tersebut dari daerah Sukorejo dengan harga Rp. 8000 per batang yang sudah diantar sampai rumah. Menurutnya, harga tersebut sudah mendapat jaminan kualitas bibit yang bagus, jika dibandingkan dengan harga di pasar dengan mengambil bibitnya sendiri, tetapi belum mengetahui kualitas bibit tersebut meskipun harganya jauh lebih murah yakni Rp.5.000,-.

Sementara itu, dengan melihat usia pohon jambu milik Zainuri yang baru 8 bulan, tetapi sudah dapat dinikmati hasilnya. “Saya sudah panen kemarin, bisa memanen sebanyak 34 Kg, tetapi tidak saya jual semua hanya yang bagus–bagus saja, lainnya saya kasih ke tetangga”, cerita Zainuri dengan logat jawanya yang kental.

Meskipun usianya yang sudah tua, Zainuri merasa senang dengan hasil memanen buah jambu yang sudah ia petik. Rencananya dalam waktu dekat ia akan kembali memanen buah jambu miliknya. Selanjutnya hasil panen buah jambu miliknya ia jual dengan harga Rp.3.000 hingga Rp.3,500 per Kilogramnya dengan isi 4 hingga 5 buah.

Bersama dengan anaknya, ia sudah tidak kesulitan dalam memasarkan buah jambu hasil panennya. Nyatanya saat ini ia telah mempunyai pasar penjualan buah jambu tersebut mulai dari Solo hingga ke Jakarta. (MC TMG/ Penulis :Ria / Foto :Coeplist / Editor: Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

WORKSHOP IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) BLUD PUSKESMAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Temanggung,-Pada tanggal 16-19 April 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung m

Kunjungi Kediaman Paslon Bupati, Jajaran FKPD Wujudkan Pilkada Berjalan Damai

Temanggung, MediaCenter – Mewujudkan kondisi aman dan damai pada pilkada 2

KPU Sediakan Pelayanan Bagi Pemilih Disabilitas

Temanggung, Media Center -  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten T


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018