Desa Ngropoh Gelar Festival Durian dalam Tiga Tahun Terakhir

Ditulis pada Jumat, 30 Mar 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter – Pada hari Sabtu dan Minggu kemarin (24-25/3) telah diadakan Festival Durian di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung.

Acara ini sudah diadakan selama 3 tahun berturut-turut. Karena untuk Desa Ngropoh dan sekitarnya, produk durian lokal memang sangat melimpah, sehingga pihak Desa selalu mengadakan acara festival durian tiap tahunya.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memasyarakatkan durian Ngropoh, agar masyarakat luas lebih mengenal dan mengunjungi potensi unggulan yang ada di Desa Ngropoh tersebut.

Pada wawancara dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono menjelaskan, bahwa dalam hal ini pemerintah daerah, telah memberikan pelatihan terhadap masyarakat sekitar Desa Ngropoh untuk membudidayakan buah durian, agar buah tersebut dapat tumbuh diluar musim. Dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar untuk permintaan buah durian ketika tidak pada musim panen raya durian.

Sedikitnya terdapat 5 (lima) Desa yang telah melaksanakan pelatihan untuk membudidayakan tanaman unggulan meliputi, Okulasi, cara pembibitan, baik itu durian atau buah-buahan yang lainya, seperti kelengkeng, rambutan, dan salak.

“Dan kami berharap, dengan adanya pelatihan tersebut Desa Ngropoh tidak hanya menghasilkan produk unggulan durian saja namun juga menghasilkan produk buah unggulan lainya,” paparnya Kepala Dinpermades Temanggung mengakhiri wawancara.

Selaku Plt Bupati Temanggung, Sudaryanto dalam wawancaranya berharap, dengan adanya acara ini, Desa Ngropoh dapat menjadi daya Tarik tersendiri untuk menjadi Desa Wisata dengan Agropolitannya yang ada di Kabupaten Temanggung dengan iconya berupa Durian dengan cita rasa yang lebih legit. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung)

Bagikan:

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua

Dinkominfo Ajak Siswa Peserta MOS Berinternet Secara Cerdas

Temanggung, MediaCenter – Dalam mengisi kegiatan Masa Orientasi Siswa

Bea Cukai Beri Izin Usaha Pabrik Rokok Di Temanggung

Temanggung, MediaCenter – Qimpuls salah satu perusahaan rokok di Temanggun


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018