PUSKESMAS SELOPAMPANG LAKSANAKAN PIS PK KE MASYARAKAT

Ditulis pada Selasa, 13 Mar 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center – Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK)  Puskesmas Selopampang, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, memasuki minggu ke-2.

Pendataan ke seluruh masyarakat dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan tenaga tim surveyor, admin dan supervisor PIS PK oleh Badan PPSDM Kementrian Kesehatan pada bulan Januari dan Februari tahun 2018 di Balai Pelatihan Kesehatan Salaman, Kabupaten Magelang dan Dinas Kesehatan Temanggung.

Target PIS PK adalah 12 Desa, 41 Dusun, 47 RW, 129 RT yang ada di Kecamatan Selopampang dan pendataan ditargetkan selesai pada bulan Maret 2018 .

Kegiatan ini merupakan kegiatan langsung petugas Puskesmas yang terdiri dari perawat, petugas gizi, sanitarian, bidan desa dan promosi kesehatan, dengan cara mendatangi setiap rumah penduduk untuk mendata seluruh anggota keluarga dan keadaan kesehatan dengan panduan formulir yang disebut Prokesga dan 12 indikator kesehatan keluarga.

Pendataan 12 indikator kesehatan keluarga terdiri dari keikutsertaan Keluarga Berencana, ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita tuberkulosis mendapatkan pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan atau dipasung, fasilitas air bersih, kepemilikan jamban sehat, keikut sertaan jaminan kesehatan nasional, perilaku kebiasaan merokok.

Kepala UPT Puskesmas Selopampang Puji Lestari mengatakan “selain melakukan pendataan tentang kesehatan dengan mengacu 12 indikator kesehatan, kita juga memberikan penyuluhan manfaat kebersihan, penggunaan fasilitas MCK bagi kesehatan, dan penerapan jamban bagi setiap rumah, jika ditemukan adanya masalah kesehatan akan langsung kami tangani atau dianjurkan segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas supaya segera ditangani langsung oleh petugas yang ada di Puskesmas kita”

Dengan adanya PIS PK akan diketahui permasalahan kesehatan dan sarana penunjang kesehatan bagi setiap warga yang belum mempunyai ataupun belum ikut program yang dicanangkan Dinas Kesehatan tentang manfaat hidup sehat melalui pola dan lingkungan yang sehat.

(MC TMG / Penulis / Foto : Coeplis / Editor: EJP)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Sosial, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

Fotografer Temanggung Raih Juara III Lomba foto Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Temanggung, MediaCenter – Perwakilan Fotografer Temanggung meraih jua

Dinkominfo Ajak Siswa Peserta MOS Berinternet Secara Cerdas

Temanggung, MediaCenter – Dalam mengisi kegiatan Masa Orientasi Siswa

Bea Cukai Beri Izin Usaha Pabrik Rokok Di Temanggung

Temanggung, MediaCenter – Qimpuls salah satu perusahaan rokok di Temanggun


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018