Linmas Gemawang Dilibatkan Dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Ditulis pada Jumat, 09 Mar 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, MediaCenter – Kamis (8/3), di Halaman Kantor Kecamatan  Gemawang Kabupaten Temanggung dilaksanakan apel luar biasa Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa se-Kecamatan Gemawang dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018.

Pada kegiatan tersebut ikut dihadiri Dandim 0706/TMG, Letkol Arm Yusuf Setyaji, M.Si, Kapolres Temanggung, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, S.IK, M.IK, Camat Gemawang, Eko Suprapto, anggota Koramil 06/Jumo, anggota Polsek Jumo, Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Desa se-Kecamatan Gemawang, Komunitas Briker Mania (KOBRA), serta 300 personel Linmas dengan 1 desa berjumlah 25 orang personel.

Dalam sambutannya Camat Gemawang, Eko Suprapto, pada acara apel luar biasa tersebut menyampaikan, bahwa dalam momentum ini agar seluruh Linmas ikut mengamankan pesta demokrasi di tiap desanya dan menjaga keamanan desa masing-masing, kemudian akan diberikan pengarahan oleh Dandim 0706/TMG dan Kapolres Temanggung dengan harapan untuk memotivasi para anggota Linmas dalam melaksanakan pengamanan tersebut.

Dandim Temanggung dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Linmas sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri No. 10 Tahun 2009 Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum merupakan salah satu kekuatan pengamanan di desa, selain itu juga diharapkan untuk dapat membantu pengamanan dari pihak Kepolisian dan Kodim atau Koramil setempat.

Beliau juga menambahkan tugas Linmas dalam pengamanan Pilkada ini merupakan tugas mulia, sebab Linmas sebagai ujung tombak di desanya dapat mendeteksi dini apabila terjadi suatu permasalahan. Dengan deteksi dini ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas yg lain dapat cepat mengatasi permasalahan yang akan timbul.

“Kesiapan Linmas ini juga akan disiapkan dalam Pilkada kedepan, disamping itu juga dapat mengantisipasi daerah rawan bencana maupun permasalahan yang lainnya,” pungkasnya mengakhiri pengarahan.

Kapolres Temanggung pada sambutannya berpesan, menghadapi Pilkada yang akan berlangsung, Linmas diharapkan dapat berperan serta untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah desa masing-masing, untuk membantu Polres, demikian juga Kodim yang diminta bantuanya untuk mengamankan, baik di TPS maupun pada titik-titik rawan permasalahan ketika Pilkada sedang berlangsung.

Beliau menambahkan adanya Sistem Pengamanan (Sispam) Kota yang merupakan kerjasama antara Polres dan Kodim serta Satpol PP untuk menjaga keamanan apabila terjadi kerusuhan. Semua aparat keamanan  sudah dibagi sesuai titik kerawanan, dan diharapkan Linmas juga dapat ikut andil dalam pengamanan di TPS bersama petugas  Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada yang ada di Desa itu.

“Linmas ini juga dibagi pada tingkat desa dan kecamatan,  untuk mengawal pelaksanaan Pilkada dari pencoblosan sampai penghitungan dan pengiriman hasil ke KPU,” papar Kapolres mengakhiri sambutan. (MC TMG/Penulis: Agung, Foto: Staf Intel Kodim, Editor: Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Sosial, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

KAPOLRES TEMANGGUNG HIMBAU PEMUDIK GUNAKAN JALUR TENGAH

Temanggung, Media Center – Arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingg

Ruas Jalan di Wilayah Temanggung Masih Terpantau Lancar

Temanggung, Media Center – Memasuki musim mudik lebaran 2018, sejumlah rua

Grebeg Pembuat Miras Oplosan, Polres Temanggung Dapat Tanggapan Positif Berbagai Pihak.

Temanggung, Media Center- Jum’at (8/6). Jajaran Pemerintah Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018