Peran penting media massa dalam penyelenggaraan pilkada 2018

Ditulis pada Sabtu, 17 Feb 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center - Wartawan Temanggung ikuti Forum Group Discussion (FGD) terkait peran penting media massa dalam penyelenggaraan pilkada 2018 di Jawa Tengah.

FGD yang diadakan oleh Bidhumas Polda Jawa Tengah  terkait dengan meningkatkan peran media massa dalam pilkada serentak 2018, tersebut berlangsung di Jawa Dwipa Resort Kabupaten Karanganyar, Kamis (15/2). Mengusung tema Meningkatkan Peran Media Massa Dalam Mendukung Tugas Polri Guna Terwujudnya Pilkada Serentak 2018 Yang Aman dan Damai, dihadiri oleh Kapolres Jajaran Polda Jateng, Kasubaghumas, Anggota serta wartawan yang wilayahnya menyelenggarakan Pilkada 2018.

Dalam Kesempatannya Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja menyampaikan pemilu yang demokratis dapat terlaksana jika dapat berjalan dengan aman, damai, transparan dan berintegritas. Ia juga menuturkan KPU tidak dapat mewujudkan hal tersebut sendiri, sehingga disini dibutuhkan peran media massa. "Media massa adalah salah satu elemen yang memiliki peran sangat besar. Mulai dari mensosialisasikan semangat demokrasi yang diusung dalam pemilu, kemudian mengawasi berjalannya pemilihan umum." Ungkap beliau.

Selain itu beliau juga menambahkan, media mempunyai tugas dalam penyelenggaraan pemilu untuk membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi dan juga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pilkada.

Selanjutnya  Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo sebagai salah satu narasumber dalam acara tersebut menjelaskan media massa harus dapat membangun image di masyarakat serta dapat membangun opini yang positif dalam setiap penyelenggaraan. Menurutnya pers mempunyai peranan yang sangat penting dalam berjalannya pilkada. Guru Besar FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof. Drs. Pawito, Ph.D., juga sebagai narasumber menjelaskan Pers sebagai salah satu pilar dalam demokrasi diharapkan dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Ia berharap media massa dapat mendukung tugas Polri dalam menciptakan pilkada yang aman dan damai.(MC TMG/ Penulis, Foto : Ria / Editor : EJP)

Bagikan:

KAPOLRES TEMANGGUNG HIMBAU PEMUDIK GUNAKAN JALUR TENGAH

Temanggung, Media Center – Arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingg

Ruas Jalan di Wilayah Temanggung Masih Terpantau Lancar

Temanggung, Media Center – Memasuki musim mudik lebaran 2018, sejumlah rua

Grebeg Pembuat Miras Oplosan, Polres Temanggung Dapat Tanggapan Positif Berbagai Pihak.

Temanggung, Media Center- Jum’at (8/6). Jajaran Pemerintah Kabupaten Teman


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018