Latih Disiplin Lalu Lintas, Polres Temanggung Giatkan Petugas PKS Untuk Area ZoSS

Ditulis pada Jumat, 09 Feb 2018 oleh: Tim Media Center

Temanggung, Media Center – Meningkatkan keselamatan dan kedisiplinan pelajar dalam berlalu lintas sejak dini, Polres dan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung membuat Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di 13 titik di wilayah Temanggung.

ZoSS tersebut akan diperluas lagi hingga menjangkau seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Temanggung. Dalam kedepannya juga akan menggandeng para pelajar untuk menjadi petugas Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dalam mengatur penyebrangan jalan.

Ini nanti kita integrasikan dengan adik–adik PKS yang tadi sudah disimulasikan, artinya nanti ketika ini semua sudah selesai sarana dan prasarana, maka otomatis akan diberlakukan kegiatan di Zona Selamat Sekolah ini,” jelas Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo usai melakukan launching ZoSS di SD N 1 Jampiroso Jl. Jendral Sudirman, Rabu (7/2). Untuk menjadi petugas PKS tersebut pihak Satlantas Polres Temanggung telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan latihan dalam mengatur lalu lintas.

Wiyono juga menambahkan petugas PKS tersebut akan bertugas ketika pagi hari saat waktu berangkat sekolah dan siang hari saat pulang sekolah. “Ia akan membantu teman–temannya untuk menyebrangkan mereka di jalan dengan didampingi guru wali kelasnya dan ada juga pendampingan dari Satlantas, Polsek serta Dishub,’’  tambah Wiyono.

Menurut Wiyono hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mendidik budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Wiyono juga menegaskan ketika mereka merasakan menjadi petugas menyebrangkan temannya akan mengetahui kesalahan serta kebenaran dalam berlalu lintas.

Bupati Temanggung H M Bambang Sukarno sangat apresiasif terhadap ide dan gagasan untuk membuat ZoSS dan dilibatkannya pelajar melalui program PKS tersebut. Beliau menyebutkan hal ini sebagai salah satu langkah dalam meminimalisir tingkat kecelakaan di area sekolah. (MC TMG/ Penulis ; Ria / Foto : Coeplist / Editor ; Ekape).

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Pendidikan, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

KAPOLRES TEMANGGUNG HIMBAU PEMUDIK GUNAKAN JALUR TENGAH

Temanggung, Media Center – Arus balik yang diperkirakan akan terjadi hingg

Ruas Jalan di Wilayah Temanggung Masih Terpantau Lancar

Temanggung, Media Center – Memasuki musim mudik lebaran 2018, sejumlah rua

Grebeg Pembuat Miras Oplosan, Polres Temanggung Dapat Tanggapan Positif Berbagai Pihak.

Temanggung, Media Center- Jum’at (8/6). Jajaran Pemerintah Kabupaten Teman


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018