Dukung Pertanian Modern, Dandim 0706 Temanggung Gandeng Pemuda Ciptakan Drone

Ditulis pada Senin, 05 Feb 2018 oleh: Admin

Temanggung, Media Center – Ciptakan inovasi dalam bidang pertanian, Komandan Distrik Militer 0706 Temanggung gandeng sekelompok pemuda untuk membuat drone yang berfungsi untuk menyemprot tanaman.

Pembuatan drone tersebut menurut Letkol Arm Yusuf Setiaji selaku Dandim 0706 Temanggung didasari dengan salah satu visi misi yang terdapat di Kabupaten Temanggung untuk menciptakan pertanian yang modern. Dengan melihat potensi pemuda pada event Temanggung airshow beberapa waktu lalu, Yusuf Setiaji langsung mengajak para pemuda tersebut untuk membuat drone ini.

“Ketika kita bicara pertanian modern, kita bicara ribuan hektare tanaman. Baik itu padi, jagung kemudian bawang putih atau apapun. Ini adalah fase pertama kami untuk menciptakan drone ini untuk mempermudah nyemprot,” imbuh Yusuf Setiaji

Drone yang diberi nama Hope yang berarti harapan ini mampu bekerja selama 1 jam dengan luas tanaman 4 hingga 5 hektare, tetapi ia menambahkan tergantung permintaan dari user juga. Adapun untuk bahan baku pembuatannya 80% dari Temanggung dan 20 % dari luar. “Hal ini juga sebagai menggerakan perekonomian yang ada di Temanggung. Kecuali bagian bergerak dari mesin”, jelasnya saat ditemui pada Sabtu (3/2).

Dandim 0706 Temanggung tersebut menyebutkan pembuatan drone ini difokuskan pada penyediaan jasa penyemprotan karena ia mengaku hal tersebut yang akan menyerap tenaga kerja lebih banyak. Meskipun ia mengaku beberapa daerah telah tertarik  seperti Kabupaten Manokwari, Kuningan, Banjar, dan Cianjur.

Diharapkan dengan adanya drone ini dapat menyerap banyak tenaga kerja dengan menjual jasa semprot  sehingga mampu menambah menambah pendapatan masyarakat Kabupaten Temanggung.  (MC TMG / Penulis : Ria/ Foto : Adi / Editor ; Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Ekonomi, Umum, SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

Tim Verifikasi Lapangan Penghargaan Kalpataru Provinsi Jateng Melakukan Verifikasi Lapangan Di Desa Tlahab

Temanggung, MediaCenter – Tim verifikasi lapangan penghargaan Kalpataru ti

KPU Kabupaten Temanggung Adakan Kampanye Damai

Temanggung, MediaCenter – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Temanggung

Peran penting media massa dalam penyelenggaraan pilkada 2018

Temanggung, Media Center - Wartawan Temanggung ikuti Forum Group Discussion (FGD


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018