Temukan Benda Sejarah, Sejumlah Warga Akan Terima Penghargaan Dari Pemerintah

Ditulis pada Selasa, 30 Jan 2018 oleh: Admin

Temanggung, Media Center -  Sejumlah warga penemu benda sejarah disekitar situs Candi Liyangan, Ngadirejo Temanggung, akan menerima penghargaan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Empat benda sejarah yang ditemukan oleh warga tersebut berupa Fragmen arca, lingga yoni monolit serta keramik. Pihak BPCB Jawa Tengah telah menilai benda - benda tersebut layak dikategorikan sebagai benda cagar budaya . " Setelah temuan itu kita kaji dan kita nilai, bahwa temuan itu layak dikategorikan sebagai benda cagar budaya dan layak untuk diberikan penghargaan", jelas Eri Budiarto selaku Ketua Tim Penilai Benda Cagar Budaya dan Pemberi Penghargaan BPCP Jateng.

Usai melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Temanggung, pada Senin (29/1) Eri juga menambahkan bahwa sistem pemberian hadiah dari pemerintah seperti ini diharapkan masyarakat untuk mengetahuinya terkait benda sejarah yang telah ditemukan. Karena selama ini pandangan dari masyarakat terkait dengan penemuan benda sejarah yang akan diminta oleh negara  tidak ada penghargaannya.

Selain itu , Eri juga mengatakan adanya penghargaan seperti ini akan memberikan kesadaran ke masyarakat untuk melaporkan, sehingga benda - benda bersejarah tersebut dapat terselamatkan. Adapun penghargaan yang akan diberikan oleh pemerintah terkait penemuan di atas berupa sertifikat penghargaan dan juga uang tunai.

Selanjutnya, terkait dengan pemberian penghargaan tersebut Didik Nuryanto selaku Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Temanggung menanggapi reward memang harus diberikan kepada orang - orang yang telah berjasa dalam rangka penyelamatan, pelestarian, serta pengembangan benda cagar budaya tersebut. Menurutnya saat ini masyarakat sudah semakin sadar dengan UU No 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya. "Masyarakat semakin mengerti, betapa pentingnya benda cagar budaya itu menjadi aset bersama", imbuhnya.

Adapun untuk pemberian penghargaan sendiri direncanakan akan dilakukan Selasa (6/2) mendatang. Selanjutnya ketika ada warga yang menemukan kembali benda - benda sejarah agar dapat melaporkan ke pemerintah setempat untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti. (MC TMG / Penulis : Ria / Foto : Coeplist / Editor : EJP )

Bagikan:

Tim Verifikasi Lapangan Penghargaan Kalpataru Provinsi Jateng Melakukan Verifikasi Lapangan Di Desa Tlahab

Temanggung, MediaCenter – Tim verifikasi lapangan penghargaan Kalpataru ti

KPU Kabupaten Temanggung Adakan Kampanye Damai

Temanggung, MediaCenter – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Temanggung

Peran penting media massa dalam penyelenggaraan pilkada 2018

Temanggung, Media Center - Wartawan Temanggung ikuti Forum Group Discussion (FGD


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018