RA Masyithoh Adakan Manasik Haji

Ditulis pada Selasa, 12 Sep 2017 oleh: tim. MC TMG

Temanggung, MediaCenter – Puluhan anak RA (Raudhatul Athfal) Masyithoh Butuh Kabupaten Temanggung mengikuti manasik haji di halaman gedung IPHI Temanggung, Selasa (12/9), kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran terhadap anak usia dini untuk mengenalkan, menanamkan keyakinan diri sekaligus mempraktekkan Rukun Islam kelima serta menumbuhkan pembelajaran agama yang Islami.

Selaku pimpinan lembaga RA Masyithoh Butuh, Anissa menjelaskan bahwa acara ini merupakan ajang menanamkan rasa cinta anak kepada Allah SWT, Rasul beserta ajarannya, serta memberi pondasi anak sejak dini. Hal ini sesuai dengan tema yaitu "Dengan Peragaan Manasik Haji Kita Tumbuhkan Nilai-nilai Ketakwaan Anak Usia Dini dan Semangat Beribadah".

Banyak dampak positif yang didapatkan dari kegiatan manasik haji yang diikuti oleh anak-anak. Beberapa diantaranya adalah mendapatkan pengalaman agama sejak dini, karena pelaksanaan manasik haji pada anak TK, PAUD, atau RA merupakan salah satu cara memberikan pengalaman pelaksanaan ibadah lengkap yang sedemikian rupa sehingga sangat berkesan dan tertanam dalam jiwanya yang masih polos dan nantinya menjadi bagian dari kepribadiannya yang agamis yaitu cenderung kepada perilaku sesuai tuntunan agama.

“Anak dapat mengetahui makna dari setiap rukun haji yang diharapkan dapat mewarnai dalam kesehariannya. Serta dapat meningkatkan mutu pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya dalam bentuk ajaran atau teori tapi juga harus dipraktekkan. Manasik haji anak merupakan praktek pelajaran agama yang mendukung ajaran agama di sekolah”, ungkap Anissa.

Kita berharap nantinya, kalau anak-anak kita sudah besar, mereka bisa mengerti bagaimana cara melaksanakan rukun haji yang benar. Kemudian kita harapkan dengan kegiatan ini, para orang tua yang hadir yang belum melaksanakan ibadah haji bisa memahami bagaimana proses pelaksanaannya,” pungkasnya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor: Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: SEPUTAR TEMANGGUNG
Bagikan:

KPU Gencarkan Sosialisasi Lewat Media Sosial

Temanggung, Media Center - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Temanggung melaku

Antisipasi Pengedaran Obat Tanpa Ijin, Pemdes se-Gemawang Lakukan MoU dengan Pihak Puskesmas

Temanggung, Media Center –  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ke

Grebeg Agung Rangkai Pikatan, Merti Budaya Warisan Leluhur

Temanggung, MediaCenter – Jum’at (12/1), masyarakat desa Mudal melak


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. Sudirman nomor 41-42 lantai 3-4, Kabupaten Temanggung. kode pos. 56216 Tlp 0293 4961389    - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2018