Desa Karangtejo Miliki Potensi Besar Home Industry Makanan

Ditulis pada Selasa, 15 Agu 2017 oleh: tim. MC TMG

Temanggung, MediaCenter – Mendengar ”onde-onde ketawa” tentu timbul pertanyaan dibenak kita, tetapi itulah yang terucap dari Herwati, warga dusun Kuncen Desa Karangtejo Kecamatan Jumo ketika ditanya saat menggelar “Mini Bazar” di dusun Lempong. Herwati adalah sang pembuat onde-onde kecil yang memiliki bentuk yang khas yaitu “mlethek” sehingga disebutnya ketawa. Hal itu terungkap ketika Desa Karangtejo diresmikan sebagai Kampung KB di wilayah Kecamatan Jumo, Senin (14/8).

Ditetapkannya Karangtejo sebagai Kampung KB ternyata membuat semangat ibu-ibu PKK menggelar “mini bazar” di bawah tenda yang sudah dipersiapkan. Setiap PKK RT memamerkan hasil karyanya, terutama jenis makanan ringan dan minuman.

“Ini benar-benar berbahan baku alami dari ketela umbi ungu tanpa pewarna maupun zat pengawet”, papar Marsinah (40) pembuat kue bolu ungu dari umbi jalar. Ia juga tengah mencoba membuat home industri Jahe Instan yang diberi label Rimpang Sari dan sudah didaftarkan nomer IRTnya.

Banyak potensi industri makanan yang ternyata bisa diproduksi warga Karangtejo. Diantaranya ceriping talas, onde-onde ketawa, antari, ketoprak, bakpia mini dan sebagainya.

Mereka yang terampil membuat aneka jenis makanan dari hasil pertanian itu menyatakan siap membuat aneka snak untuk dipasarkan. “Tetapi kami masih kesulitan memasarkannya jika kami memproduksi dalam jumlah banyak, belum punya link penjualannya”, kata Marsinah.

Ia mengatakan selama ini membuat berbagai jenis makanan hanya untuk kalangan terbatas di desanya sendiri, atau jika ada yang memesan untuk jamuan rapat. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor: Ekape)

Bagikan:

Temanggung Night Culture Digelar Sangat Meriah

Temanggung, MediaCenter – Rinai hujan yang turun mengiringi acara paw

Menuju Transparansi Publik Kabupaten Temanggung 2017

Temanggung, Mediacenter- Temanggung termasuk dalam 12 (dua belas) kabupaten/kota

SMP N 1 Kedu Juara Liga MGMP Cup ke-18

Temanggung, MediaCenter – Final Liga Musyawarah Guru Mata Pelajaran (


Tinggalkan Komentar


Media Informasi dari Temanggung untuk Indonesia
MEDIA CENTER
Jl. Jend. A. Yani nomor 32d, Kabupaten Temanggung - Email : mediacenter.temanggung@gmail.com  
Copyright © 2017