Iklan Layanan Masyarakat

Warga Temanggung Diminta Optimalkan Tani Pekarangan dan Ternak Rumah Tangga

Jumat, 05 Jun 2020 11:00:43 1253

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung, Jawa Tengah H M Al Khadziq mengimbau warganya agar lebih mengoptimalkan lahan pekarangan dan lahan pertanian untuk tanaman pangan dan ternak ikan atau unggas. Hal ini untuk memperkuat ketahanan pangan daerah yang masih dimasa krisis lantaran terdampak pandemik Korona.

"Saya minta efektifkan setiap lahan di pekarangan sekitar rumah dan lahan pertanian untuk tanaman pangan", katanya, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, lahan pertanian tembakau yang saat ini sudah mulai ditanami pun Ia minta untuk lebih diefektifkan. Jika perlu menanam tanaman pangan seperti singkong, jagung, ubi, dan kentang disela-sela ladang tembakau.

Di samping itu, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Khadziq juga meminta warga memperbanyak ternak rumah tangga, seperti unggas dan ikan. Untuk membantu upaya tersebut, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Temanggung juga akan memberi insentif tertentu pada masyarakat untuk bisa memperbanyak ternak rumah tangga ini.

"Kita juga meminta masyarakat untuk memperbanyak ternak rumah tangga, seperti unggas dan ikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi", tambah Bupati.

Lumbung pangan, juga sudah mulai dibuat di desa-desa berdasarkan mekanisme masing-masing desa yang berbeda-beda. Sejauh ini, Ia memastikan ketahanan pangan diwilayah Temanggung masih aman dan cukup untuk masyarakat. Ketersediaan pangan seperti padi, jagung, kedelai dan sayuran dipastikan cukup.

Khusnul (45 Th) warga Kecamatan Kranggan mengaku menggunakan lahan pekarangan rumahnya sebagian untuk menanam sayuran, sebagian lagi untuk budi daya Ikan Lele.

Menurutnya hasil tanaman sayuran ia jual, dan hasil ternak lele itu tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarganya. Namun juga sebagian ikan diolah menjadi nugget dan dijual secara online pada masyarakat.

"Hasilnya sangat lumayan, masyarakat juga terlihat tertarik mengonsumsi nugget dari ikan lele", ujarnya. (MC.TMG/Tosiani;kawalcovid-19temanggung;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top