Iklan Layanan Masyarakat

Wabup: Gerakan 5M, Kunci Akhiri Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 20:09:08 3942

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo.


Temanggung, Media Center - Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, menekankan masyarakat untuk menerapkan dan menjalankan gerakan 5M dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. 5M tersebut adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi kerumunan,  dan membatasi mobilitas atau aktifitas diluar rumah.

"Masyarakat harus menerapkan dan menjalankan gerakan 5M agar penyebaran dan penularan Covid-19 di Temanggung dapat diatasi, dan kemudian angka positif juga menurun," tegas Wabup saat menghadiri acara pembukaan pengabdian kepada masyarakat dalam Program Pengembangan Desa Sehat Tahun 2021 di Gedung Aula Kecamatan Gemawang, senin (1/3/2021).

Lanjut Wabup kebijakan  5M tersebut, berikut ini penjabarannya:

1. Memakai Masker, 
Anda diharapkan untuk memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada.

2. Mencuci Tangan, 
Anda mesti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

3. Menjaga Jarak, 
Jika ada keperluan mendesak yang membuat anda harus pergi ke luar rumah, ingatlah untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar anda.

4. Menjauhi Kerumunan, 
Anda juga diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi Korona bisa semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas, 
Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama.

Gerakan 5M ini gencar disosialisasikan kepada masyarakat untuk mendukung 3M dalam mencegah penularan dan penyebaran Virus Korona dimasyarakat. Gerakan 5M ini berlaku untuk semua kalangan. Namun untuk anak di bawah 2 tahun, tidak disarankan memakai masker, tapi bisa digunakan penutup stroller atau face shield. Tetap harus jaga jarak, serta di bawah pengawasan orang tua.

"Saat ini kita gencar mensosialisasikan kepada masyarakat di kecamatan hingga desa-desa terpencil tentang bahaya Covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat terkait pentingnya menjalankan protokol kesehatan dengan memperhatikan 5M," imbuhnya.

Wabup juga menegaskan agar masyarakat selalu ingat bahwa Virus Korona baru bisa menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat. untuk itu, seluruh lapisan masyarakat berperan penting dalam mencegah penyebaran Covid-19, termasuk dalam lingkungan bekerja yang merupakan salah satu tempat berisiko untuk penularan virus.

"Tentunya kita harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan, agar masyarakat bisa keluar dari berbagai tantangan dan kesulitan di masa pandemi Covid-19," tegas Wabup. (MC TMG/ Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top