Iklan Layanan Masyarakat

TP-PKK Kabupaten Temanggung Adakan Monitoring Tiga Program Unggulan

Kamis, 05 Nov 2020 18:19:53 1093

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Temanggung memonitoring pelaksanaan tiga program unggulan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau Hatinya PKK Bagi Keluarga, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta Jogo Tonggo. Monitoring program unggulan ini dilaksanakan di 289 desa dan kelurahan diseluruh wilayah Kabupaten Temanggung, salah satunya di Kecamatan Kledung, Rabu (4/11/2020).

TP-PKK memonitoring untuk melihat kondisi desa dalam pengerjaan program unggulan ini. Pada awal ketiga program ini diberitahukan kepada para kader, TP-PKK mengarahkan para kadernya yang diutamakan untuk mengawali dan melaksanakan ketiga program ini terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka akan dihadirkan di kantor PKK atau kantor desa dan lingkungan sekitar. 

“Kami mengadakan monitoring awal untuk melihat bagaimana kondisi desa dimana kader PKK yang kita utamakan, untuk melakukan dulu tiga program ini. Jadi prioritas sasaran kita adalah kader PKK di semua tingkatan melakukan tiga program ini semua,” ujar Denty Eka Widi Pratiwi selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Temanggung saat monitoring di Kecamatan Kledung.

Selama tahapan monitoring berlangsung, TP-PKK akan melihat kondisi sebenarnya di lapangan, sehingga mereka bisa memotret gerakan ini bisa berjalan baik dan betul-betul nyata dilakukan atau tidak. Monitoring yang paling mudah dilihat secara kasar merupakan program Hatinya PKK. Hal ini disebabkan karena tanaman Obat Keluarga (Toga), sayuran, buah-buahan, tanaman hias hingga peternakan dan perikanan bisa dirawat di rumah masing-masing warga. 

“Kami mensupport teman-teman kader untuk mensukseskan program bapak Bupati. Kalau Hatinya PKK itu, tidak beda juga dengan Tani Pekarangan,” ungkap Denty. 

Sementara itu, dalam monitoring PHBS yang paling disoroti dikondisi sekarang ini yakni cara melaksanakan protokol kesehatan seseungguhnya, yang berkaitan erat dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Selain itu, ada rumah sehat, sanitasi dan juga termasuk pengelolaan sampah. 

Semua kegiatan program PHBS dilakukan dengan baik oleh para kader Jogo Tonggo sendiri merupakan program dari Gubernur Jawa Tengah dengan masyarakat perlu meningkatkan rasa kepedulian, kegotongroyongan dan peduli kepada sesama tetangga. 

Monitoring ini dilakukan mulai Tanggal 26 Oktober hingga 5 November 2020 dan dibulan Desember nanti akan direkap seberapa jauh 289 desa di Kelurahan Temanggung ini lakukan. Monitoring di Kecamatan Kledung ini merupakan monitoring yang keenambelas kalinya. Sisa empat kecamatan yang belum dipantau dan akan dilaksanakan pada Kamis, 5 November, yaitu Kecamatan Kranggan, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Kaloran dan Kecamatan Temanggung. Diakhir program ini selesai, akan ada pilihan terbaik dari masing-masing kecamatan. 

Denty mengharapkan dengan adanya tiga program unggulan TP-PKK ini nantinya identitas PKK akan muncul disetiap benak masyarakat, sehingga masyarakat luas atau pemerintah desa melihat bahwasanya eksistensi peran fungsi PKK itu sendiri. Selain itu, ia juga memaparkan akan adanya program lanjutan pada Tahun 2021. 

“Tahun 2021 nanti PKK sudah memiliki program lanjutan untuk memotivasi tiga program yang sudah berjalan, misalnya tadi saya sentil ibu-ibu ini minum empon-empon setiap hari. Itu kan bagus,” pungkasnya. (MC TMG/Cahya;Anin;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top