Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Visualisasi Penyajian Data, PPID Utama Adakan Koordinasi Bersama Badan Publik

Jumat, 02 Okt 2020 14:46:13 912

Keterangan Gambar : PPID Utama melaksanakan koordinasi tentang visualisasi penyajian data bersama 5 OPD di Ruang Rapat Bidang Komunikasi Dinkominfo Temanggung, Kamis (1/10/2020).


Temanggung, MediaCenter - Sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dalam penyampaian informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama melaksanakan koordinasi bersama 5 (lima) Badan Publik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung, di Ruang Rapat Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Temanggung, Kamis (1/10/2020). 

Koordinasi diikuti oleh PPID dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah serta Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

Kepala Bidang Komunikasi selaku Kepala Sekretariat PPID Utama Inarni Nur Dyahwanti menyampaikan, dengan adanya inovasi dalam penyajian data yang disampaikan ke publik melalui website PPID dari masing-masing OPD, diharapkan informasi yang disampaikan lebih menarik dan lebih mudah dipahami.  

“Informasi tentang tahapan pelaksanaan kegiatan ataupun sosialisasi berkaitan dengan hal tertentu yang perlu dipublikasikan, nantinya bisa disajikan dalam bentuk Infografis yang bisa ditampilkan di website PPID masing-masing,” ungkap Inarni.

Inarni berharap, dari pertemuan yang sudah dilaksanakan untuk bisa ditindaklanjuti dari masing-masing Badan Publik. Sebagai langkah tindak lanjut, Dinkominfo Temanggung melalui Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) akan memfasilitasi kepada masing-masing OPD untuk diberikan pembekalan tentang pembuatan infografis, dengan harapan dari masing-masing OPD selanjutnya bisa mandiri dalam membuat infografis.

 “Semakin kedepan penyajian data dalam bentuk infografis akan semakin diminati oleh masyarakat dan menjadi sarana untuk menyebarluaskan informasi dan publikasi data dari PPID,” imbuhnya.

Eko Kus Prasetyo selaku Kepala Seksi Layanan Komunikasi dan Informasi Publik menjelaskan, penyajian data dengan infografis bertujuan untuk memvisualisasikan suatu informasi itu agar pembaca lebih tertarik dan lebih mudah untuk memahami informasi yang disampaikan.

“Melalui infografis, informasi akan diolah sedemikian rupa melalui suatu proses yang bisa dipertanggungjawabkan, dengan memilah data apa saja yang bisa dipublikasikan ke publik. Dari data tersebut dibuat sebuah planning untuk dipresentasikan secara visual,” ungkap Eko Kus.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan mengadakan pelatihan berawal kepada OPD yang saat ini kita undang dengan harapan OPD bisa mandiri dengan tetap mendapat pendampingan dari PPID Utama,” pungkasnya. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top