Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Luncurkan Simakin

Jumat, 13 Nov 2020 13:37:15 1183

Keterangan Gambar : Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melaunching program aksi perubahan sistem informasi manajemen kinerja (Si-Makin), di aula DKK, Jumat (13/11/2020).


Temanggung, MediaCenter - Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah meluncurkan program yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Kinerja (Si-Makin). 

"Dengan Simakin itu kita membuat suatu sistem informasi dari pelaksanaan kinerja di Puskesmas, khususnya dan di Dinas Kesehatan. Tujuannya yang jelas untuk meningkatkan kinerja," kata Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung Suparjo, usai launching Simakin di Aula Dinkes Kabupaten Temanggung, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, acuan dari sistem ini adalah data, sehingga bisa menjadi sebuah informasi yang akurat, termasuk keputusan yang diambil pun akhirnya bisa menjadi akurat. Dari Simakin ini nantinya data pelayanan di Puskesmas bisa diakses, seperti pengobatan, Posyandu, Poswindu dan pelayanan di lapangan. Termasuk didalamnya adalah kegiatan-kegiatan yang bermotif preventif, juga bisa untuk memantau data Covid-19, yang lebih valid. 

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan dan Kebudayaan, Tri Raharjo menuturkan, sangat mendukung program Simakin yang diiniasi oleh Sekretaris Dinkes Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim. Sistem ini sangat dibutuhkan di wilayahnya terutama untuk pelaporan data dari Puskesmas. Ia yakin dengan Simakin ini akan semakin mempermudah proses kinerja.

"Ini sistem manajemen kinerja, ini adalah aksi perubahan yang sangat di butuhkan Kabupaten Temanggung untuk mendukung sistem data. Karena selama ini dalam pelaporan data di Puskesmas itu terkendala sistem dan data, maka melalui metode ini bisa lebih baik," katanya.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top