Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi, Dinkominfo Temanggung Gelar Sosialisasi

Senin, 15 Okt 2018 19:25:50 622

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center - Menggandeng Inixindo Jogjakarta, Dinas Komunikasi dan Informarika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung melakukan sosialisasi integrasi data dan keamanan informasi kepada seluruh Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Kabupaten Temanggung, Senin (15/10).

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan kesadaran keamanan informasi khususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Temanggung. Kabid Statistik dan Persandian Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Inarni  Nur Dyahwanti menyebutkan sosialisasi seperti ini memang harus dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan informasi dan kejahatan pengguna internet. "Memberikan kesadaran kepada para kepala desa dan kecamatan saat mereka membuka email, membuka facebook, kadang ada beberapa tawaran, pertanyaan yang mereka sementara ini tinggal klik next atau yes, padahal  dibalik itu ada seseorang yang mengintai mereka dari segi keamanan, itu belum mereka perhatikan" , Ujar Inarni usai menjadi moderator acara tersebut. 

Ia juga mengatakan paparan yang disampaikan oleh pihak Inixindo terkait dengan berbagai serangan penggunaan internet saat ini. Menurut data statistik yang disampaikan oleh Inixindo terdapat berbagai serangan seperti Spam 5,5%, Phising 6,7%, Malware 0,1%, Brute force 0,4% dan Defacement 86,3%. Sehingga, terkait dengan kondisi tersebut Inixindo memberikan perhatian terhadap para pengguna internet. 
Sementara itu, sosialisasi serupa juga pernah dilakukan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung beberapa waktu lalu, tetapi dengan sistem sosialisasi jemput bola, dan hal ini direspon baik oleh pihak OPD tersebut. 

Sementara itu, Alex Kusbiyanto selaku Kasi Statistik juga menerangkan sosialisasi ini sebagai langkah untuk menyadarkan perilaku dan juga kebiasaan baik OPD, Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan tentang keamanan informasi. Alex kembali menjelaskan karena saat ini untuk sudah tidak asing lagi insiden keamanan informasi.

Selanjutnya, dalam kedepan pihak Dinkominfo Kabupaten Temanggung akan terus melakukan sosialisasi serupa dan juga pemantauan lebih lanjut di tahun 2019 mendatang. (MC TMG / Penulis : Ria / Foto : Coeplis/ Editor: Ekape )

Pencarian:

Komentar:

Top