Iklan Layanan Masyarakat

Seni Tradisional Tetap Jadi Favorit Adu Bakat Mas Mbak Temanggung.

Rabu, 29 Agu 2018 08:00:33 900

Keterangan Gambar :


Temanggung – Media Center – Sebagian peserta adu bakat pemilihan Mas dan Mbak duta wisata Kabupaten Temanggung menampilkan kesenian tradisional dengan maksud dapat mempertahankan dan tetap melestarikan budaya daerah.

Alasan tersebut diungkapkan salah satu peserta Alwi Johan (18) usai menampilkan tari topeng edan di Graha Bumi Phala Temanggung, Senin (13/8). Siswa SMA N 1 Temanggung tersebut mengaku tari yang ia bawakan ini termasuk jenis tari kreasi.

Ia menyebutkan alasannya sangat memilih jenis tari ini karena selain untuk melestarikan budaya, tari tersebut juga unik. “Tari ini tidak monoton, menarik untuk dipelajari, setelah bisa ternyata tari ini juga lucu, dan kalau mau cari yang lebih baik itu banyak tetapi untuk mencari yang berbeda itu sedikit,” ungkap Alwi.

Adapun dalam mempersiapkan diri tampil di seleksi adu bakat ini, Alwi telah berlatih tari topeng edan ini selama tiga hari. Ia mengaku tidak kesulitan dalam melakukan tari tersebut karena menurutnya asal percaya diri, dia yakin pasti bisa dan yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Sementara itu, Siti Kumalasari selaku Penanggung Jawab Pelaksanaan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Temanggung mengatakan  seluruh peserta yang berjumlah 66 orang ini memang sebagian besar menampilkan kesenian tradisional. Hal tersebut memang tidak ada himbauan khusus dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung , tetapi murni inisiatif para peserta masing – masing disamping ada juga peserta yang menampilkan bakatnya seperti puisi dan menyanyi.

“Sebenarnya adu bakat ini peserta di bebaskan untuk memilih dan menampilkan bakat yang mereka kuasai, memang diharapkan itu seni pertunjukkan, jadi bakat – bakat dibidang olahraga memang tidak disampaikan disini,”  ujar Sari di sela – sela acara seleksi adu bakat.

Ia juga menyampaikan, meskipun banyak yang menampilkan seni tradisional tidak ada nilai plus yang akan diberikan ke peserta tersebut. (MC TMG /Penulis : Ria / Foto : Coeplis / Editor : Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top