Iklan Layanan Masyarakat

SDN 2 Kundisari Kedu Ikut Berpartisipasi Peringati WCD

Minggu, 20 Sep 2020 19:02:29 1008

Keterangan Gambar : Siswa SDN 2 Kundisari Kedu berpartisipasi dalam WCD untuk wujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan.


Temanggung, MediaCenter - Gerakan World Cleanup Day (WCD) yang diperingati tiap 21 September 2020 adalah gerakan dibawah naungan yayasan Let's Do It World (LDIW) dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat  melakukan aksi nyata dalam mewujudkan planet bumi yang bersih, sehat dan nyaman untuk dihuni. Gerakan ini pertama kali dimulai tahun 2008.

Tahun ini, untuk memperingati WCD, Pemkab Temanggung melalui Dinas Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan aksi Pungut dan Pilah Sampah, serta Susur dan Bersih-bersih Sungai di 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung pada Tanggal 19-20 September 2020.

Sesuai Surat Edaran Sekda Kabupaten Temanggung Nomor 00149/ Tahun 2020 tertanggal 10 September 2020, Hari Sabtu (19/9) merupakan kegiatan Pungut dan Pilah Sampah yang diadakan di lingkungan sekolah, madrasah dan pondok pesantren. Salah satu sekolah yang turut berpartisipasi adalah SDN 2 Kundisari, Kecamatan Kedu. 

Pelaksanaan Pungut dan Pilah Sampah dibagi didua lokasi, yaitu di lingkungan sekolah oleh 6 siswa, didampingi kepala sekolah dan guru, dan dirumah masing-masing yang diikuti 116 siswa. 

"Peringatan WCD melalui aksi Pungut dan Pilah Sampah juga dalam rangka penguatan brand image school SDN 2 Kundisari sebagai sekolah berwawasan lingkungan," demikian yang disampaikan Suyatno selaku Kepala Sekolah SDN 2 Kundisari. 

Aktifitas di lingkungan sekolah, selain memungut dan membersihkan sampah, juga fokus pada upaya pemanfaatan daun kering sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan komposter yang sudah tersedia. 

"Selain aktifitas di sekolah, juga dilaksanakan oleh siswa di rumah masing-masing, juga dalam rangka mengedukasi warga tentang arti pentingnya kebersihan," tambah Suyatno. 

"Pada Hari Minggu-nya para siswa diminta membantu pungut dan pilah sampah bekerjasama dengan kader PKK dilingkungan tempat tinggal masing-masing," imbuhnya. 

Kariza Fitri Azalia, siswi Kelas 6 yang mengikuti gerakan Pungut dan Pilah Sampah di sekolah menyampaikan bahwa ia dan kelima temannya sangat senang dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. 

"Senang bisa ikut kegiatan bersih-bersih ini, menjadikan lingkungan sekolah tetap bersih, sehat dan nyaman," ungkapnya. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan brand image SDN 2 Kundisari sebagai Sekolah Yang Berwawasan Lingkungan dapat terus terjaga dan slogan SDN 2 Kundisari Berseri: Bersih, Sehat dan Rindang dapat selalu diwujudkan. (MC.TMG/Suyatno;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top