Iklan Layanan Masyarakat

RSUD Temanggung Tambah Kapasitas Ruang Isolasi Covid-19

Minggu, 29 Nov 2020 10:45:19 2084

Keterangan Gambar : Direktur RSUD Temanggung Tety Kurniawati.


Temanggung, MediaCenter - Direktur RSUD Temanggung, Jawa Tengah Tety Kurniawati mengatakan, dalam beberapa minggu terakhir ini ruang isolasi di RSUD selalu penuh, bahkan terjadi antrean. Hal ini seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung. 

"Tidak hanya penuh, tetapi juga ada antrean di IGD, jadi memang kasusnya melonjak cukup tinggi, sehingga tidak bisa menampung semua yang datang ke RSUD ini, baik untuk pasien suspek Covid maupun yang sudah konfirmasi. Sehingga mulai kemarin kita sudah persiapan menambah lagi kapasitas untuk isolasinya,"katanya Sabtu (28/11/2020). 

Menurutnya, saat ini RSUD menambah bangsal sebagai upaya antisipasi, jika jumlah kasus Covid-19 terus meningkat. Antara lain di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sedang dipersiapkan penambahan tempat tidur untuk isolasi. Dengan penambahan ini jika sebelumnya di IGD hanya disediakan satu tempat, maka akan disiapkan agar mampu menampung empat pasien sekaligus.

"IGD sedang kita siapkan tambahan tempat tidur untuk isolasi. Kalau kemarin di IGD kita hanya kita sediakan satu tempat isolasi, sekarang sedang kita siapkan nanti bisa menampung sampai 4 tempat tidur. Ini untuk menunggu yang belum dapat tempat di rawat inap," katanya. 

Tety menjelaskan sebenarnya kapasitas isolasi memang naik turun disesuaikan dengan jumlah kasus yang ada. Sebelumnya pernah saat kasusnya meningkat tajam RSUD merawat sampai 64 orang pasien Covid. Kemudian pernah turun sampai 0 pasien, sehingga hanya menyediakan satu bangsal.

"Nah sekarang pasien naik, maka kita tambah lagi bangsal, sampai sekarang ini kita masih bisa menampung sampai 60 pasien untuk dewasa. Di situ termasuk untuk ICU nya kemudian ditambah lagi empat untuk ibu melahirkan, empat untuk ruang PICU NICU (untuk bayi yang baru lahir, satu dengan ventilator tiga tanpa ventilator),"katanya. 

Ia pun meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Cara ini adalah upaya jitu untuk menangkal terpaparnya Virus Korona, selain pola makan sehat, istirahat cukup, serta manajemen pikiran yang baik untuk menghindari stres.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top