Iklan Layanan Masyarakat

Ratusan Desa di Temanggung telah Terfasilitasi Internet

Sabtu, 17 Nov 2018 21:42:30 788

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter — Sebanyak 107 Desa di Kabupaten Temanggung telah memiliki jaringan internet. Hal ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Temanggung dalam mendukung serta meningkatkan kinerja di lingkungan pemerintah desa.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, fasilitas jaringan internet desa tersebut telah berhasil dipasang di 107 desa dari total 266 desa yang ada di Temanggung.

Menurut Kepala Bidang Informatika Dinkominfo Kabupaten Temanggung Sutrisno, upaya pemasangan jaringan internet desa ini telah dimulai sejak 2016 lalu.

"Sasaran utama dalam pemasangan internet desa ini merupakan wilayah blank spot internet, atau yang lemah sinyal. Jadi Program internet desa ini untuk memfasilitasi pemerintah desa terkait dengan amanat UU Desa di Sistem Informasi Desa," jelasnya.

Sampai dengan saat ini menurutnya, telah terdapat dua kecamatan yang seluruh desanya telah mendapatkan fasilitas Internet yakni Kecamatan Bulu dan Kecamatan Jumo. Sedangkan di Kecamatan Gemawang masih terdapat satu Desa yakni Muncar yang belum terpasang internet desa karena memang kondisi geografisnya.

Sutrisno juga menjelaskan pemasangan internet desa tersebut merupakan permohonan dari masing masing desa. Karena pemasangan internet desa ini Dinkominfo tidak dapat mengcover keseluruhan anggaran.

“Karena Bandwidth internetnya itu yang dari kominfo, kemudian yang infrastruktur jaringan dari APBDes, sehingga perlu sinergi program dari kominfo dan desa," jelas Sutrisno.

Ia juga menyebutkan pemasangan internet desa ini melewati berbagai prosedur seperti pengajuan permohonan, selanjutnya akan dilakukan survei oleh pihak Dinkominfo. Karena menurutnya saat melakukan pemasangan internet ini kondisi geografis di wilayah Temanggung menjadi kendala utama.

“Karena untuk menjangkau desa — desa itu butuh membangun repeater dibanyak tempat, sedangkan saat ini kami hanya baru memiliki 6 repeater, rencana di 2018 akan dilakukan penambahan 2 repeater, tetapi 1 repeater telah terpasang di Kuwadungan Gunung sedangkan satu repeater akan dipasang di Telomoyo," ungkap Sutrisno.

Sutrisno kembali menerangkan dalam pemasangan internet desa tersebut, Dinkominfo juga telah memberikan fasilitas free wifi disekitaran balai desa dengan radius 15 hingga 20 meter. Radius tersebut tergantung dari alat yang dibeli oleh pemerintah desa.

(MC TMG/Penulis, Ria/Foto, Marcell / Editor :EJP )

Pencarian:

Komentar:

Top