Iklan Layanan Masyarakat

Pramuka Jadi Mitra Kominfo Tingkatkan Literasi Digital

Jumat, 13 Nov 2020 14:17:10 883

Keterangan Gambar : Anggota Pramuka Temanggung mengikuti kegiatan Saka Milenial dalam rangka meningkatkan literasi digital di gedung Pusat Komunitas Kreatif, Temanggung , Jumat (13/11).


Temanggung, MediaCenter-Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Temanggung, Jawa Tengah digandeng menjadi mitra Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung dalam meningkatkan literasi digital. Untuk kepentingan ini, sejumlah anggota pramuka pada taraf penegak dan pandega direkrut untuk bergabung pada Saka Milenial.

Kasi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Eko Kus Prasetyo, menerangkan, program Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi (Saka Milenial) diinisiasi Pemerintah Pusat. Lalu Pemerintah Provinsi Jateng mengawali, memelopori program ini. 

"Karena satu dan lain hal, kami dari Kabupaten Temanggung baru membentuk Saka Milenial sekarang," papar Eko Kus, Jumat (13/11), di Temanggung.

Saat ini sudah ada lebih dari 50 orang pramuka pandega dan penegak yang berminat mendaftar untuk menjadi anggota Saka Milenial. Selanjutnya mereka akan diarahkan, disalurkan untuk memilih salah satu dari lima Krida yang tersedia. Yakni Krida Literasi Digital dan Internet (salah satunya untuk analisis hoaks), Krida Kreasi Animasi dan Multi media (pembuatan video pendek, vlog), Krida Inovasi Perangkat Lunak (pembuatan program, game), Krida Telemetri dan Robotik (terkait rancang bangun robotika) , serta Krida Teknologi Jaringan dan Big Data (jaringan internet, analisis bigdata).

Para anggota Saka Milenial selanjutnya akan mendapatkan pelatihan teknis mulai tahun depan. Pihak Pemerintah Daerah setempat juga telah menyiapkan kegiatan jambore tingkat kabupaten selama 3-4 hari, yang salah satu materinya juga terkait peningkatan literasi digital. Untuk membiayai program ini akan dianggarkan dari APBD Tahun 2021 senilai sekitar Rp 120 juta. 

Eko Kus menambahkan, untuk menambah literasi anggota Saka Milenial, pihaknya juga berencana mendatangkan pakar sebagai pemateri. Hal ini baru akan terealisasi tahun depan.

"Saka Milenial ini akan meningkatkan literasi digital untuk pramuka. Selanjutnya pramuka akan menjadi mitra kami untuk menyebarkan ilmu yang didapat itu pada orang lain," pungkas Eko Kus. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top