Iklan Layanan Masyarakat

Petugas Gabungan Gelar Operasi Masker di Pasar kliwon Temanggung

Jumat, 25 Sep 2020 14:10:27 717

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Dalam rangka penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, petugas gabungan dari unsur Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menggelar Operasi Kepatuhan Peraturan Bupati (Perbup) Temangung Nomor 45 Tahun 2020 di Pasar Kliwon Temanggung, Jawa Tengah, Jum’at (25/9/2020) pagi.

Dwi Setyorini, salah satu Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Temanggung menjelaskan, dalam operasi tersebut mulai diterapkan sanksi sosial bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Ia menuturkan, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi tentang disiplin menggunakan masker untuk pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan di sejumlah lokasi keramaian.

“Dalam operasi ini sanksi sosial yang diterapkan bagi mereka yang melanggar antara lain menyapu jalan, menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, melafalkan Pancasila dan "push up," ungkapnya. 

Ia menambahkan, sebagai upaya edukasi mendisiplinkan warga untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, untuk saat ini bagi warga yang melanggar masih dikenakan sanksi sosial dan belum diterapkan sanksi denda.

Mustofa, selaku komandan regu berharap, melalui sanksi sosial yang diberikan masyarakat bisa lebih tertib dan selalu menaati protokol kesehatan, terutama dalam menggunaan mamasker

“Warga yang tidak mengenakan masker telah didata oleh petugas, kemudian diberi pemahaman tentang fungsi penggunaan masker. Petugas kemudian menawarkan beberapa sanksi sosial bagi warga yang tidak mengenakan masker, setelah menjalani sanksinya, mereka diberi masker dan langsung memakainya serta diminta mengucapkan janji untuk taat mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah,” jelasnya.

Pada operasi masker yang dilaksanakan di Pasar Kliwon Temanggung tersebut, terdata sejumlah 41 warga yang tidak mengenakan masker. (MC TMG/Humas;Safi;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top