Iklan Layanan Masyarakat

Petani Tembakau Ziarah ke Makam Ibunda Presiden Jokowi

Minggu, 08 Nov 2020 21:59:32 685

Keterangan Gambar : Para petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), ziarah di makam Sujiatmi ibunda Presiden Jokowi, di Gondang Rejo, Karanganyar, Jumat (6/11/2020).


Temanggung, MediaCenter - Para petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), melakukan ziarah ke makam Sujiatmi, ibunda Presiden Joko Widodo di Gondang Rejo, Karanganyar. Petani Temanggung menjadi salah satu motor penggerak ziarah ini. 

Ketua APTI Agus Parmuji mengatakan, Jumat malam ketua APTI masing masing Kabupaten se-Jawa Tengah dan DPN APTI ziarah ke makam Ibunda Presiden Jokowi.  Di samping merawat tradisi religi tujuan utama ritual  ziarah adalah mendoakan almarhumah. 

"Dalam alunan suci ini, kami mendoakan yang terbaik untuk almarhumah ibu Sujiatmi agar mendapat tempat terbaik disisiNya. Kita sekaligus juga ngudo roso atas keprihatinan petani tembakau saat ini," ujar Agus yang merupakan petani tembakau Temanggung ini, Minggu (8/11/2020). 

Sekretaris APTI Kabupaten Temanggung Nur Ahsan, menuturkan, saat ini,  seluruh petani tembakau di Indonesia, sedang mengalami situasi berkabung ekonomi. Salah satu penyebabnya adalah rencana peraturan pemerintah untuk menaikan cukai lagi di Tahun 2021, setelah tahun ini sudah naik 23 persen. 

"Dengan ritual ziarah yang sudah menjadi budaya kami, karena petani tembakau  hampir 90% merupakan masyarakat nadliyin ini, semoga Allah SWT mengabulkan doa petani Tembakau. Kami juga memohon keikhlasan  kepada tokoh bangsa, khususnya warga nahdliyin  untuk ikut mendoakan perjuangan petani tembakau," katanya.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top