Iklan Layanan Masyarakat

Perlu Disiplin Warga Dalam Penerapan Protokol Kesehatan

Senin, 20 Jul 2020 09:18:12 953

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Kendati masih ada kasus Covid-19 di Temanggung, Jawa Tengah, namun sebagian warga masih terlihat mengabaikan protokol kesehatan. Warga masih berkerumun tanpa menggunakan masker saat berbelanja di pasar-pasar maupun pada penjual sayur keliling.

Seperti yang terjadi di daerah Madureso, Kecamatan Temanggung. Setiap pagi selalu dijumpai kerumunan di sudut-sudut kampung saat melakukan transaksi jual beli. Selain tidak menjaga jarak, sebagian warga juga tidak mengenakan masker. 

Ria (35) salah seorang warga Madureso mengaku tidak mengenakan masker lantaran lokasinya berbelanja tidak terlalu jauh dari rumahnya. Lagi pula ia hanya berinteraksi dengan para tetangganya, sehingga tidak merasa perlu memakai masker.

"Belanjanya tidak jauh dari rumah, dan kumpulnya juga dengan tetangga sendiri, sehingga tidak pakai masker," katanya.

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Kranggan, Temanggung. Banyak pedagang dan pembeli tidak mengenakan masker dan berdesakan saat melakukan transaksi jual beli.

Rusiyati (52) seorang warga Kelurahan Madureso, mengaku setiap pagi mengunjungi Pasar Kranggan untuk berbelanja sayuran dan bahan makanan. Sejak dibuka kembali beberapa waktu lalu pasca disinfeksi dan penataan ulang pasar lantaran temuan warga positif Korona, kini kondisi pasar kembali seperti semula sebelum ditata ulang.

Kebanyakan warga yang ke pasar, tutur Rusiyati, tidak memakai masker. Mereka juga berkerumun seperti sebelumnya, seperti saat belum ada wabah. Tidak ada pula petugas yang mengawasi dan mengingatkan mereka agar menjalankan protokol kesehatan. 

"Tiap pagi saya pergi ke pasar bersama anak saya. Kami selalu mengenakan masker karena masih takut tertular Korona. Tapi pedagang dan pembeli lain sudah tidak pakai masker dan berkerumun lagi. Kondisi ini membuat saya takut ada penularan lagi," kata Rusiyati.

Riko (30) salah seorang pedagang sayur keliling mengatakan, dirinya sudah merasa kondisi membaik, sehingga tidak perlu mengenakan masker lagi. Ia mendengar dari pemberitaan bahwa banyak pasien korona di Temanggung yang sudah sembuh, serta ada penurunan kasus.

Sehari-hari ia mengambil sayuran dari Pasar Parakan. Di pasar itu pun kondisinya sama, banyak yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Kan sekarang sudah aman, sehingga tidak perlu memakai masker lagi," katanya. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top