Iklan Layanan Masyarakat

Percepat Mobilitas Hasil Pertanian, Pemkab Temanggung dan Kodim 0706 Jalin Kerjasama Lewat TMMD

Kamis, 30 Jul 2020 11:33:41 194

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Kodim 0706/Temanggung telah menyelesaikan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahap 2 yang dilaksanakan di Desa Banaran Kecamatan Gemawang, Rabu (29/7/2020).

Sasaran pokok  kegiatan TMMD Tahap 2 ini, meliputi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), betonisasi jalan penghubung dari Dusun Kruwisan ke Dusun Lembu Jati, serta pembangunan senderan dan gorong-gorong untuk sanitasi air.

Letnan Kolonel Infantri David Alam, Komandan Kodim 0706/Temanggung, juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan juga untuk melestarikan dan tidak meninggalkan jiwa kegotongroyongan yang menjadi warisan para leluhur. David Alam juga berterima kasih kepada warga, karena betonisasi jalan yang semula menargetkan sepanjang 1,7 Km, akan tetapi dengan kerja sama warga dapat diselesaikan melebihi target yaitu 2,4 Km.

“Saya sangat mengapresiasi masyarakat di Dusun Kruwisan Desa Banaran ini yang begitu bersemangat bekerja sama dengan kami untuk membangun desanya”, paparnya.

Untuk sasaran non fisik juga disebutkan oleh David Alam, yaitu penyuluhan dalam rangka pencegahan Covid-19 dikarenakan saat ini masih dalam situasi waspada akan adanya virus yang masih berada di sekitar kita. Selain itu juga diadakan senam bagi warga secara rutin untuk meningkatkan imun masyarakat untuk meminimalisir penyebaran Virus Korona di Desa Banaran.

Sebelum proyek dilaksanakan, David Alam beserta tim sudah melakukan penelitian, sehingga sudah mendapatkan rumusan yang dibutuhkan masyarakat untuk mendukung kegiatan dari sektor perkebunan. Karena sebelum adanya betonisasi, masyarakat harus menyusuri jalan tanah, bahkan berlumpur ketika musim hujan untuk menuju ke kebun kopi atau ladang persawahan, sehingga menyulitkan warga pada saat membawa hasil panennya ke kota.

“Diharapkan dengan adanya jalan beton ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih rajin lagi ke kebun dan untuk distribusinya lebih maksimal lagi”, imbuh David Alam.

Bupati Temanggung, H M Al Khadziq menambahkan bahwa yang dilakukan oleh TNI di Desa Banaran tersebut sangat membantu masyarakat karena RTLH di Kabupaten Temanggung masih banyak.

Pembangunan jalan penghubung dari Dusun Kruwisan ke Dusun Lembu Jati juga sangat penting bagi warga, karena bisa mempersingkat jarak dan tidak harus memutar. Hal ini sangat bermanfaat bagi mobilitas ekonomi dan mobilitas hasil pertanian.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung sangat berterima kasih sekali kepada Kodim 0706 semoga jalinan kerjasama ini kedepannya semakin baik, kita bisa bersama-sama membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan”, imbuh Bupati Temanggung. (MC TMG/Cahya;Coeplistyo;Hani;Davi)

Pencarian:

Komentar:

Top