Iklan Layanan Masyarakat

Penguatan Usaha Demi Pengembangan Pelaku UMKM Temanggung

Jumat, 12 Nov 2021 15:21:36 738

Keterangan Gambar : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar bimbingan teknis penguatan usaha bagi para pelaku UMKM, Jumat (12/11/2021).


Temanggung, Media Center - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar bimbingan teknis penguatan usaha bagi para pelaku UMKM, Jumat (12/11/2021). 

"Dalam bimbingan teknis penguatan usaha ini diikuti 50 peserta dari pelaku UMKM yang menjadi peserta Kreativitas dan Inovasi (Krenova) dan Penjaringan Inovasi Masyarakat (Penova) Tahun 2021," kata Sekretaris Bappeda Temanggung, Sumarlinah.

Ia mengatakan, melalui pelatihan tersebut, diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, maupun  peningkatan manajerial.

Karena dengan peningkatan manajemen yang baik, maka usaha dari para pelaku UMKM bisa terus berkembang ditengah pandemi Covid-19, dan tentunya juga melahirkan sebuah inovasi dan inisiatif untuk menciptakan produk lokal yang bisa bersaing di pasaran.

"Kami di Bappeda juga mulai mengadakan kegiatan perencanaan dari hulu ke hilir, artinya bahwa kami tidak mengurusi kegiatan teknik di masing-masing bidang, tetapi bagaimana dengan alokasi dana yang sedikit ini bersama dengan instansi terkait dapat menumbuhkan usaha-usaha dari pelaku UMKM di Temanggung tetap tumbuh dimasa pandemi Covid-19 ini," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Inotek Bappeda Provinsi Jawa Tengah Agung Koenmarjono mengatakan, selain memberikan bimbingan teknis bagi pelaku UMKM, pihaknya juga memberikan fasilitasi melalui pelatihan untuk penyusunan perancangan hukum atau legal drafting, termasuk pembiayaan untuk hak cipta, hak paten dan hak merk.

"Kami fasilitasi juga untuk perlindungan produk, produk-produk inovasi kami berikan fasilitasi melalui pelatihan untuk penyusunan legal drafting, dan juga fasilitasi pembiayaan untuk hak cipta, hak paten dan hak merek," katanya.

Bappeda Provinsi Jawa Tengah juga terus mendorong kepada para pelaku UMKM agar dapat meningkat kompetensinya sesuai dengan perkembangan di era digital, yakni dengan menjual produknya melalui platform-platform digital. Karena menurutnya, penjualan melalui platform-platform digital dapat memperluas jaringan pasar hingga ke luar negeri.

"Guna memperluas jaringan pasar, kami juga mendorong pelaku UMKM dapat meningkat kompetensinya sesuai dengan perkembangan di era digital ini, yakni dengan menjual produk-produk UMKM melalui platform-platform digital," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top