Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Mulai Vaksinasi Pelaku Seni Budaya dan Pariwisata

Rabu, 15 Sep 2021 18:31:16 130

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq memantau pelaksanaan vaksinasi kepada para pelaku seni dan budaya juga pelaku pariwisata, di Pendopo Pengayoman, Rabu (15/9/2021).


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, mulai melakukan vaksinasi kepada para pelaku seni budaya dan pariwisata. Hal ini dilakukan seiring menurunnya kasus Covid-19, dan sudah mulai ada kelonggaran aktivitas masyarakat. 

Bupati HM Al Khadziq mengatakan, tujuan vaksinasi bagi pelaku seni budaya dan pariwisata ini adalah untuk  membangkitkan kepercayaan masyarakat agar kembali beraktivitas seni budaya seperti dulu lagi. Pasalnya,  sudah selama hampir dua tahun akibat Covid-19, aktivitas terhenti. 

Saat ini, aktivitas seni budaya dan pariwisata mulai dibuka lagi, meskipun dengan berbagai pengaturan, seperti ijin keramaian dari pihak kepolisian. Namun pengaturan disini, digarisbawahi jangan sampai menghambat kreativitas seni budaya yang ada dimasyarakat Kabupaten Temanggung. 

"Oleh karena itu,  Pemkab Temanggung, ingin memastikan pentas-pentas seni dan budaya aman dari penyebaran Covid-19, dengan cara kita vaksin. Hari ini ada 300 yang divaksin, tetapi masih terus didata dan nanti semua akan divaksin," ujar Bupati disela-sela meninjau vaksinasi di Pendopo Pengayoman, Rabu (15/9/2021). 

Menurutnya, tempat wisata pada prinsipnya sudah bisa dibuka dan para pelaku pariwisata dan para awak di destinasi wisata juga semuanya mulai divaksin. Ini untuk memberikan jaminan kepastian dan membangkitkan rasa percaya diri publik, untuk kembali berkegiatan wisata dan berkegiatan seni budaya di Kabupaten Temanggung.

"Covid kan sudah mulai turun, sekarang pertunjukan seni boleh, objek wisata sudah boleh dibuka, sekarang masyarakat mau punya hajatan boleh nanggap kesenian, boleh nanggap jaran kepang, nanggap kesenian yang lain silahkan. Cuma memang ada ketentuannya protokol kesehatan harus dijaga," terangnya. 

Dijelaskan, bahwa ijin pertunjukan tetap ada, yaitu ijin keramaian dari pihak kepolisian. Saat ini, ijin dipadukan jadi satu, terpusat dipihak kepolisian, tidak seperti sebelumnya yang juga harus ada ijin dari Satgas Covid-19. Langkah ini agar tidak mempersulit penyelenggara dan tidak mempersulit para seniman. 

"Wes pokoke ekonomi men jalan masyarakat ndue gawe silahkan, arek gawe tanggapan ya monggo. Ki poro seniman wes do siap, budayawan yo mangestoni. Mugo-mugo lancar kabeh mugo-mugo sehat kabeh," kata Bupati. 

Pelaku seni budaya yang juga Pengasuh Pranotocoro Temanggung, Memed Kalagondang,  mengapresiasi atas perhatian pemerintah yang telah melakukan vaksinasi kepada para pelaku seni budaya dan pariwisata.

Diakuinya, dampak dari Covid-19 bagi seniman sangat luar biasa, tetapi dengan kebijakan dari Bupati yang telah menjembatani dengan pemerintah pusat, para seniman di Kabupaten Temanggung

akhirnya kini bisa bernafas lega, karena bisa berkesenian lagi, meski dengan syarat protokol kesehatan.

"Karena kebijakan beliau kita masih bisa mencari penghasilan, walaupun dengan betul-betul melakukan protokol kesehatan. Alhamdulillah itu ampuh dibuktikan, Temanggung sekarang sudah turun level, dan hari ini beliau Bapak Bupati menyelenggarakan vaksinasi dengan harapan semua seniman menamengi diri, menjaga diri jangan sampai Temanggung ini menjadi zona yang tidak diinginkan. Insya Allah satu bulan kedepan dua bulan kedepan kembali normal, karena Temanggung adalah sentra budaya pariwisata dan juga pusat pertanian," tandasnya. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top