Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Ajukan Anggaran Revitalisasi Kota Pusaka Parakan ke Kementerian PUPR

Minggu, 14 Feb 2021 14:37:08 1070

Keterangan Gambar : Gedung RSK Ngesti Waluyo Parakan yang termasuk bangunan tua di Kota Pusaka Parakan.


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung berencana mengajukan anggaran hingga Rp 5-10 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk revitalisasi Kota Pusaka Parakan. Proposal pengajuan anggaran akan disampaikan Pemkab Temanggung kepada pemerintah pusat dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana mengatakan, rencana revitalisasi Kota Pusaka Parakan meliputi pembangunan City Walk, penataan lampu jalan, drainase, landmark, gapura identitas Kota Pusaka hingga pembangunan gedung museum Bambu Runcing.

Revitalisasi dilakukan seiring Kota Parakan ditetapkan sebagai Kota Pusaka oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR pada Tahun 2015. Sehingga, perlu dilakukan revitalisasi guna mendukung beberapa ikon Kota Pusaka. 

"Kementerian PUPR menilai banyak nilai kebudayaan di Parakan. Dari pra kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan di Kota Parakan," terangnya, Sabtu (13/2/2021).

Kata Hendra, saat ini masih dalam pengkajian dan penyusunan proposal sebagaimana tindak lanjut seminar nasional Kota Pusaka beberapa waktu lalu.

Pihaknya menarget, pembangunan revitalisasi Kota Pusaka Parakan bisa dimulai pada Tahun 2022 mendatang. Dengan harapan, pembangunan bisa berjalan secara bertahap untuk mewujudkan ikon Kota Pusaka Parakan yang bisa dikenal masyarakat luas.

"Target mulai 2022, secara bertahap, paling tidak 3 tahun. Tahap awal kita harapkan dapat alokasi dana Rp 5-10 miliar dan bisa berlanjut tahapan selanjutnya," ujarnya.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan, pihaknya segera mungkin akan mengajukan proposal revitalisasi Kota Pusaka Parakan di Tahun 2021 ini. Agar penataan kota budaya itu bisa segera terlaksana dengan cepat.

"Kami sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian PUPR RI atas kerjasamanya untuk pembangunan-pembangunan di Temanggung. Dengan harapan, dapat terus berlanjut pada program-program pembangunan lain. Segera mungkin akan kami sampaikan proposal revitalisasi Kota Pusaka Parakan dalam waktu dekat," tuturnya. (MC.TMG/Sam;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top