Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Minta Pabrikan Terus Beli Tembakau Sampai Akhir Musim

Kamis, 14 Okt 2021 10:37:49 93

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung HM Al Khadziq kembali mengunjungi gudang-gudang pembelian tembakau


Temanggung, MediaCenter- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, meminta kepada PT Gudang Garam dan PT Djarum, agar dua pabrikan rokok tersebut terus membuka kran pembelian hingga akhir musim. Hal ini agar semua tembakau petani Temanggung terbeli sampai habis. 

Bupati HM Al Khadziq mengatakan, telah mengirim surat kepada dua pabrikan rokok besar yang memiliki perwakilan pembelian di Temanggung itu, untuk terus membuka gudang perwakilannya di Temanggung. Proses pembelian harus terus dilakukan, sebab sampai saat ini masih banyak tembakau petani yang belum terserap industri. 

"Hari ini Pemerintah Kabupaten Temanggung mengirim surat kepada PT Gudang Garam di Kediri dan juga mengirim surat kepada PT Djarum di Kudus. Intinya meminta agar gudang perwakilan pembelian Gudang Garam dan Djarum di Temanggung kita mohon supaya tetap buka melakukan pembelian sampai akhir musim sampai semua tembakau petani Temanggung terbeli. Sebab sampai saat ini masih banyak tembakau di lapangan yang belum dipetik," kata Bupati, Rabu (13/10/2021).

Selain mengirim surat ke kantor pusat masing-masing perusahaan, Bupati hari ini (Rabu,13/10/2021) juga mendatangi gudang perwakilan kedua pabrikan tersebut di Temanggung, memastikan bahwa permintaan tersebut agar ditindaklanjuti.

Menurut Bupati, pada musim tembakau tahun ini terjadi pelambatan panen akibat sempat hujan di Agustus dan September lalu, dan juga terjadi pelambatan penyerapan oleh industri. Industri dinilai lambat menyerap dan banyak keluhan petani-pedagang, karena penyerapan yang lambat tersebut.

"Nah, dengan pemerintah meminta pabrik supaya gudang tetap buka melakukan pembelian harapannya semua tembakau petani bisa terbeli. Jangan sampai ada yang tersisa dan sampai akhir musim nanti semoga tidak hujan lagi, syukur-syukur harga menjadi lebih baik lagi dibanding yang sekarang," katanya. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top