Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Magelang Apresiasi Bantuan Covid-19 BBRSPDI Kartini Temanggung

Rabu, 27 Mei 2020 16:36:44 1431

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter- Pemerintah Kabupaten Magelang mengapresiasi penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung. Bantuan tersebut menyasar kelompok masyarakat miskin, rentan dan marjinal yang terdampak Covid-19.

"Bantuan ini telah meringankan beban ekonomi warga yang terdampak penyebaran Virus Korona," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magelang , Iwan Agus Susilo, Rabu (27/5).

BBRSPDI Kartini Temanggung menyalurkan sebanyak 61 paket bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 Kabupaten Magelang melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Bunda dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Sahabat Perempuan.

Menurut Iwan, akibat Virus Korona, sebagian besar masyarakat di Magelang tidak dapat bekerja seperti sebelum-sebelumnya. Itu sebabnya, kata dia, bantuan yang disalurkan oleh BBRSPDI menjadi bukti dari pemerintah untuk senantiasa hadir membantu mengatasi kesulitan warga. 

Ketua Lembaga Kesejahteraan Masyarakat Sahabat Perempuan Kabupaten Magelang, Putri Andari Purbasari, mengatakan baru kali ini warga dampingannya mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

"Bantuan dari BBRSPDI ini sangat bermanfaat, mengingat masyarakat dampingan kami yang merupakan wanita korban kekerasan seksual maupun Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dalam data yang kami berikan adalah orang-orang yang belum menerima bantuan dari manapun," katanya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung, Langgeng Setiawan mengatakan selain Kabupaten Magelang pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada warga di tujuh kabupaten lainnya. Pendistribusian dilakukan oleh masing-masing Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) disetiap daerah.

"Kami menghindari adanya kerumunan penerima bantuan, sehingga bantuan diserahkan secara simbolis di SLB Surya Bunda, kemudian disalurkan langsung oleh LKS ke sasaran," kata Langgeng.  

Menurut dia, sebelum menyerahkan bantuan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial provinsi, kabupaten, dan kota serta  LKS. Hal itu dilakukan agar pemberian bantuan tidak salah sasaran.

"Bantuan ini berbeda dengan bantuan program PKH, BPNT ataupun BST. Ini merupakan   refocusing anggaran BBRSPDI Kartini untuk kebutuhan dasar warga terlantar," ujar Langgeng.

Secara keseluruhan, BBRSPDI menyalurkan 769 paket bantuan sosial kebutuhan dasar senilai @ Rp. 300.000. Bantuan dalam bentuk beras, minyak goreng, biskuit, mie instan, sarden kaleng, telur, sabun mandi sabun cuci serta masker batik ciprat. Tujuh kabupaten/kota yang turut mendapat bantuan yakni Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Purworejo, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, dan untuk Kabupaten Magelang. (MC.TMG/Cuplis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top