Iklan Layanan Masyarakat

Pegawai Rutan Temanggung Dilatih Menembak Oleh TNI

Kamis, 03 Des 2020 07:55:11 197

Keterangan Gambar : Petugas Rutan Kelas IIB Temanggung, Jawa Tengah dilatih menembak oleh anggota Kodim 0706/Temanggung di Lapangan Tembak, Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Rabu (2/12/2020).


Temanggung, MediaCenter - Untuk meningkatkan kemampuan sebagai dasar keberhasilan menjalankan tugas, para pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Temanggung, Jawa Tengah diberikan pelatihan menembak. Latihan melibatkan pihak TNI dari Kodim 0706/Temanggung yang menerjunkan personilnya untuk melatih secara langsung di Lapangan Tembak Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Rabu (2/12/2020).

Kepala Rutan Kelas IIB Temanggung, Muhammad Anang Khuzaeni mengatakan, kedepannya tugas pegawai rutan dituntut lebih profesional. Maka diperlukan pembinaan fisik dan mental, serta disiplin secara terus menerus. Hal itu termasuk dalam bentuk pelatihan menggunakan senjata, yang dalam menjalankan tugas negara tidak menuntup kemungkinan menggunakannya. 

"Dalam latihan menembak yang merupakan bagian dari pembinaan fisik dan mental ini kami bekerjasama dengan jajaran Kodim 0706/Temanggung. Sebagaimana diketahui, untuk menjalankan tugas kita dituntut untuk terus menambah dan mengasah keterampilan para pegawai termasuk dalam hal penggunaan senjata api, sebagai bentuk kedisiplinan dan kewaspadaan," katanya.

Anang menjelaskan, selain senjata, para pegawai Rutan juga diperkenalkan dengan senjata gas air mata. Lantaran, gas air mata merupakan senjata baru bagi petugas, baik di Rutan maupun Lapas. Maka mutlak seluruh pegawai harus menguasai cara pemakaiannya atau penggunaannya dengan baik dan benar sesuai prosedurnya. 

Pihak Kodim 0706/Temanggung menurunkan sejumlah pelatih menembak dibawah komando Bati Ops Pelda Slamet Mujiono. Para peserta dilatih menggunakan senjata laras panjang maupun pendek dengan berbagai formasi. Selain jarak tembak, keakuratan sasaran tembak atau bidikan juga menjadi hal pokok yang diajarkan. 

Dandim 0706/Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto menyambut baik latihan tersebut, sebagai sesama instansi negara memang harus saling mendukung dan bersinergi. Hal itu demi keamanan dan stabilitas negara.

"Kami menyambut baik atas inisiatif latihan menembak bagi pegawai Rutan dengan pelatih dari Kodim 0706/Temanggung. Pada dasarnya kami sangat mendukung karena bersifat positif dan menambah ilmu serta skill para pegawai Rutan," katanya. (MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top