Iklan Layanan Masyarakat

Meneladani Kong Cho TanTik Sioe di Sanggar Adem Hatie

Selasa, 27 Okt 2020 19:19:33 1595

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter-Aroma dupa tercium sejak dari ujung kawasan Hutan Kota Gumuk Lintang di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa Petang (27/10/2020).

Salah seorang pejalan kaki didekat saya berbisik "Bau ini mungkin datang dari penunggu hutan". Lalu ia memilih mempercepat langkah segera meninggalkan area sekitar hutan kota. 

Saya terpancing menelusuri asal bau harum tersebut. Makin lama aromanya terasa makin kuat. Tepat di sisi hutan, pada lahan pekarangan seluas sekitar 300 meter persegi berbentuk segitiga, berdiri bangunan pemujaan terbuat dari kayu seluas 3x3 meter persegi, dengan ukiran-ukiran khas Jepara. Orang-orang dengan ramah menyilahkan saya masuk hanya di halaman. 

Pada sisi kanan dan kiri bangunan terpampang tulisan 'Adem Hatie' dengan Bahasa Jawa dan Huruf Cina. Serta tepat di atas pintu tertera tulisan 'Tan Tek Sioe, Adem Hatie'. Hal ini sebagai penanda bahwa bangunan tersebut merupakan Sanggar Pemujaan untuk aliran kepercayaan Adem Hatie Temanggung.

"Tulisan huruf Jawa dan Cina disisi kanan dan kiri pintu menandai akulturasi Budaya Jawa dan Tionghoa dari para anggota sanggar. Orang Jawa dan Tionghoa membaur dan bergaul dengan baik di sini," tutur Dani,(48 th) salah seorang anggota sekte Adem Hatie.

Dibeberapa sudut luar bangunan terdapat dupa yang masih menyala. Sedikit asap dengan bau yang lebih kuat menyeruak dari dalam ruangan, melalui sedikit pintu yang terbuka. Kiranya dari sinilah asal munculnya aroma harum yang menyebar seantero hutan hingga tepi jalan raya.

Kendati berada tak jauh dari jalan raya, area sanggar ini tidak terlihat dari jalan. Rimbunan pohon menutupinya, sehingga lokasi ini nampak menempel erat pada area hutan. Padahal lokasinya terpisah, berdiri sendiri dan milik perseorangan, atau bukan bagian dari hutan kota. Seorang anggota bernama Heri (65 th) tinggal di lokasi ini pada bangunan kayu yang terpisah dari area pemujaan. Ia bertugas menjaga sanggar.

Seorang anggota lain datang untuk bersembahyang. Saya tergerak ingin memotretnya, sesuatu yang terlihat unik. Namun dengan sigap beberapa anggota sekte mencegah. Seorang anggota dari Semarang, Sungkono,(49 th) berinisiatif meminta petunjuk pada dewa yang disembahnya apakah saya diperbolehkan memotret. Sayangnya pertanda yang ia dapat tidak membolehkannya, sehingga saya hanya bisa memotret area luar bangunan.

Aliran Adem Hatie memiliki ratusan anggota di Temanggung. Kendati para anggotanya berasal dari berbagai agama, namun sekte Adem Hatie ini bukanlah agama. Semua anggota memuja Dewa Tan Tik Sioe atau kerap disebut 'Romo Murti'. Dewa ini lebih akrab disapa Kong Cho Tan Tik Sioe. Sekte Adem Hatie berpusat di Sumber Agung, wilayah Tulung Agung, Jawa Timur.

Adapun bangunan sanggar, dijelaskan Joko, anggota lainnya asal Temanggung, berdiri sekitar tahun 2002. Pemilik tanah dan bangunan sanggar diketahui berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Namun anggota sekte terus berdatangan dari berbagai daerah. Antara lain dari Semarang, Surabaya, dan Temanggung.

"Kami datang ke sini waktunya tidak tentu, jadi tidak bersamaan. Ada yang datang untuk sembahyang, ada yang cuma duduk-duduk, ngobrol, sharing pengalaman. Yang penting datang ke sini harus sopan," ujar Joko.

Agung (39 th) anggota asal Temanggung, mengutarakan, sanggar ini bukan tempat untuk meminta kekayaan. Para anggota datang ke sanggar untuk meneladani laku suci Kong Cho Tan Tik Sioe dan memujanya. Kong Cho mengajarkan agar orang lebih sabar iklas, tabah dan tawakal dalam menjalani hidup.

"Kita diingatkan untuk tidak hidup semaunya sendiri. Manusia harus sadar dan berhati-hati. Kita sama-sama belajar adem hati disini. Kita meditasi, puasa, mengingat yang kuasa, dan mengendalikan hawa nafsu," katanya. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top