Iklan Layanan Masyarakat

Melalui FK Metra, Informasi Dapat Tersampaikan Lewat Kesenian

Kamis, 08 Okt 2020 19:09:24 683

Keterangan Gambar : Rapat koordinasi tim FK METRA Temanggung di Aula Dinkominfo Temanggung, Rabu (7/10).


Temanggung, MediaCenter – Rapat Koordinasi tim Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berlangsung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Temanggung yang dipimpin langsung oleh Inarni Nur Dyahwanti selaku Kepala Bidang Komunikasi, Diskominfo Kabupaten Temanggung, Rabu (7/10/2020).

FK Metra merupakan kelembagaan berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Provinsi Jawa Tengah yang kemudian ditindak lanjuti dengan SK Bupati Temanggung, karena ada aturan baru pada SK Bupati, maka FK Metra bisa bergerak bebas dan tidak terikat. FK Metra ada untuk mengangkat media tradisional dan menyelipkan pesan atau informasi kepada masyarakat Temanggung.

FK Metra berbeda dengan pentas seni lainnya, karena ada misi khusus dari FK METRA yaitu desiminasi informasi atau menyampaikan informasi terhadap penonton. Informasi yang disampaikan bisa mengandung kebijakan atau aturan, bisa tentang isu strategis, informasi yang harus diketahui masyarakat dan apapun yang sifatnya berita yang harus disampaikan atau masyarakat harus tahu.

“Bahasa yang digunakan juga bahasa keseharian yang dapat dipahami oleh masyarakat dengan mudah”, kata Inarni.
Diharapkan pada Tahun 2021 seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan menggandeng tim dari FK METRA untuk membantu dalam sosialisasi terkait kegiatan dimasing-masing OPD. Dicontohkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam mempromosikan produk kopi Temanggung dalam bentuk pentas seni panggung, sehingga ada ketertarikan audien untuk meluangkan waktu melihat tontonan tersebut.

Pentas FK METRA tergantung dari tema yang akan diangkat. Sekenario dan tata cara pementasan menyesuaikan dengan permintaan dan dalam pementasannya bisa spontan tanpa skrip, karena pelaku yang ada didalamnya merupakan pelaku pentas yang sudah biasa di dunia pentas kesenian dan budaya. Oleh sebab itu hanya dengan koordinasi singkat, pentas bisa dijalankan.

FK METRA juga bisa membantu desa dalam mempromosikan atau mengenalkan potensi wisata di daerahnya. Inarni juga berharap agar tidak hanya OPD terkait yang bisa bekerjasama dengan tim FK METRA, tetapi diluar OPD juga bisa “nanggap” FK METRA asalkan sinergi dengan tugas pokok dan fungsinya. (MC TMG/Cahya;Galang;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top