Iklan Layanan Masyarakat

Lautan Ingkung Semarakan Selametan Wiwit Mbako Merti Bumi Phala

Senin, 29 Apr 2019 18:36:50 1260

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenterAntisuasme ribuan masyarakat Kabupaten Temanggung menghadiri acara ‘Selametan Wiwit Mbako Merti Bumi Phala’ yang diadakan di Alun-alun begitu besar.

Kemarin Sabtu (27/04/2019), ribuan warga Kabupaten Temanggung dan sekitarnya datang untuk berdoa bersama agar musim tanam tembakau pada tahun ini hasil dan harga jualnya semakin baik, serta petani tembakau menjadi makmur marem (puas), tentrem (damai) dan gandem (bagus dan baik).

Dijumpai disela-sela acara, salah seorang warga yang turut tumpah ruah di alun-alun, ‎Sumar (55), mengaku sudah sejak pagi, sebelum matahari naik setinggi galah, sekitar pukul 05.30 WIB telah tiba di alun-alun. Ia bersama rombongan gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Manunggal dari kampungnya, Dusun Kwadungan Tritis, Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu.

"‎Tadi berangkat bareng sengaja datang lebih awal agar dapat tempat yang paling depan dengan rombongan, 50 orang. Bawa lima tumpeng komplit dengan ingkung ayam jantan," ucap Sumar.

Sumar juga menjelaskan rela datang mengikuti 'Wiwit Mbako Merti Bhumi Phala' ‎untuk istighosah dan doa bersama. Meski diakuinya, acara serupa sudah dilaksanakan di kampungnya, saat hendak menanam tembakau, belum lama ini.

"Semoga nanti panen melimpah dan berkah. Harga bagus, sehingga petani bisa sejahtera," imbuhnya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor:Ekape)

 

Pencarian:

Komentar:

Top