Iklan Layanan Masyarakat

Klanceng, Madu Dengan Banyak Manfaat dan Kasiat

Rabu, 19 Feb 2020 16:18:55 91042

Keterangan Gambar :


Temanggung-Mediacenter. Lebah klanceng (Trigona) dari namanya saja menurut pembudidaya Madu Klanceng Yanto (52), asal Dusun Kajeran, Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung mempunyai tiga manfaat mendasar. 
Menurut cerita bahwa Lebah Klanceng termasuk jenis hewan purba, dengan banyak ditemukan bekas- bekas peninggalannya, salah satunya ditemukan dalam penemuan mumi di Mesir, yaitu propolis atau sarang lebah Madu Klanceng yang digunakan sebagai salah satu bahan pengawet jenazah, digunakan sebagai balsem yang dioleskan ke jenazah pada jaman ribuan tahun silam.
Berbeda dengan madu jenis lain yang kebanyakan memiliki rasa manis, Madu Klanceng cenderung memiliki rasa yang sedikit asam bahkan ada yang sedikit pahit.  Selain itu, madu jenis ini juga lebih encer dibandingkan dengan jenis madu yang banyak terdapat di toko-toko maupun petani madu pada umumnya.
Sedangkan kandungan Madu Klanceng atau Madu Trigona begitu tinggi manfaatnya untuk kesehatan.  Manfaat dan khasiat Madu Klanceng tidak bisa lepas dari banyak dan tingginya kandungan nutrisi dan zat aktif yang ada pada Madu Klanceng ini. Kaya akan kandungan Propolis inilah salah satu faktor penyebab Madu Klanceng sangat bermanfaat untuk kesehatan dan terapi penyakit.
Sedangkan dari segi kandungan gizinya, Madu Klanceng mengandung protein, amino acid, vitamins, mineral, dan flavonoids. Dengan semua kandungan gizi ini menjadikan Propolis sebagai suplemen terbaik.
Salah satunya mencegah terjadinya kerusakan sel, membantu regenerasi sel organ, sebagai anti kanker, tumor, anti bakteri, antibiotik, anti peradangan.
“Selain itu, madu ini juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi penyakit gula, penyakit jantung, serta stroke," demikian diungkapkan Yanto, setelah membaca dari buku tentang Madu Klanceng.
Seperti madu lainnya, madu memiliki sejumlah manfaat kesehatan, karena madu mengandung antioksidan, flavonoid, vitamin E, vitamin C, fenolat, asam amino, zinc, zat besi, air, dan gula.
Madu Klanceng ini sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh masyarakat untuk menambah stamina maupun untuk kesehatan. (MC TMG/Penulis,Foto:Coeplistyo, Editor:Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top