Iklan Layanan Masyarakat

Kera Liar Santroni Rumah Warga di Desa Muntung

Kamis, 25 Nov 2021 12:41:46 550

Keterangan Gambar : Kemunculan beberapa ekor kera di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Dalam satu minggu terakhir, warga Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung dibuat geger dengan munculnya kawanan kera yang menyatroni tempat tinggal mereka. Meski tidak merusak atau mengamuk, namun  kera dengan ukuran besar tersebut, membuat warga Desa Muntung resah. 

Kemunculan beberapa ekor kera itu diduga mencari makan, lantaran sering mengincar bahan makanan milik warga. Belum diketahui secara pasti, asal dari kera tersebut dari lereng gunung atau dari tempat lain. 

"Yang nampak ada dua ekor, namun ukurannya cukup besar, biasanya di atap rumah,“ kata salah satu Warga Desa Muntung, Anis (31) saat ditemui oleh Media Center Temanggung, Kamis,(25/11/2021). 

Ia menambahkan, kera muncul biasanya saat matahari terbit atau pagi hari hingga sore hari, terus menghilang saat sore hari di hutan sisi utara desa.

“Muncul di atap-atap rumah milik warga, tapi ada beberapa kali juga kepergok masuk rumah mencari makanan, supaya tidak semakin liar, kami berikan makanan, khususnya  buah-buahan,”    terangnya. 

Senada dengan Anis, Sugito (46) yang juga warga setempat mengatakan,  kemunculan kera sangat meresahkan warga, terlebih kera tersebut sangat liar.

“Banyak genting rumah yang rusak akibat ulah kera tersebut, kami jadi  resah dan takut,” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Temanggung, Totok Nursetyanto yang dihubungi via telpon, membenarkan adanya laporan kera masuk pemukiman warga, pihaknya juga telah menerjunkan petugas untuk menghalau kera tersebut. 

“Beberapa hari lalu memang ada laporan masuk di Damkar Kecamatan Candiroto, segera kita halau, namun kita belum tahu pasti, jika masuk ke pemukiman lagi, jika diperlukan kami siap membantu warga untuk mengusir kera liar tersebut,“ tegasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top