Iklan Layanan Masyarakat

Kegiatan Kampung KB Tetap Dilaksanakan Saat Pandemi

Jumat, 04 Sep 2020 14:46:06 1604

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Kampung KB Purwokencana Dusun Kuwaton, Desa Purwodadi, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjadi salah satu dari 3 nominator Kampung KB yang ada di Kabupaten Temanggung.

Kegiatan penilaian dilaksanakan oleh Tim Penilaian dari Kabupaten Temanggung, Kamis (3/9/2020), diantaranya dari  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Temanggung, Kecamatan Tembarak serta instansi terkait lainya. 

Woro Andijani, selaku Tim Penilai dari DPPKBPPPA mengungkapkan, kegiatan Kampung KB dilaksanakan setiap tahun sejak Kampung KB berdiri. 

Di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Kampung KB berlanjut sampai tingkat provinsi, karena adanya pandemi Covid-19, untuk tahun ini provinsi meniadakan kegiatan Kampung KB. 

“Karena kami ingin menjaga stamina dari kampung KB, jadi kegiatan tetap dilaksanakan dengan sederhana dan tidak ada seremonial besar-besaran, yang penting kami tahu bahwa kampung tapi itu tetap terjaga aktivitasnya” ungkap Woro.

Ia mengungkapkan, meskipun kegiatan tidak berlanjut sampai tingkat provinsi, kampung yang terpilih menjadi juara I tahun ini berhak untuk dikompetisikan dengan juara I Tahun 2021 dan Kampung KB percontohan dari Kabupaten Temanggung saat ini yang berlokasi di Klepu, Kecamatan Kranggan. 

“Dari 3 itu kita akan kompetisikan kembali, jika ditahun 2021 pandemi Covid-19 sudah berakhir dan  provinsi mengadakan, kita akan kirim untuk mewakili Kabupaten Temanggung,” imbuhnya.

Ia menambahkan, saat ini DPPKBPPA bersama instansi terkait juga terus melakukan pendampingan kepada Kampung KB yang sudah dibentuk. 

“Kita punya 66 kampung KB ,yang kita tunjuk dari kampung yang aktifitas KB-nya masih rendah, sehingga semua kegiatan bisa aktif, akseptornya bertambah, kegiatan KB-nya bertambah, jadi ada peningkatan signifikan” jelasnya. 

Ia mengungkapkan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kampung KB Purwokencana, diantaranya optimalisasi kebun jambu, home industri, Posyandu serta kegiatan lain, sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Adjib Partono selaku salah satu Tim Penilai dari Kecamatan Tembarak berharap, lomba Kampung KB yang dilaksanakan bisa memberikan motivasi untuk lebih berkembangnya kampung KB yang ada di Dusun Kuwaton.

“Kami berharap kedepannya program-program yang telah dilaksanakan, baik dilombakan ataupun tidak tetap bisa terlaksana, sehingga bisa meningkatkan derajat kesejahteraan  masyarakat, khususnya di Dusun Kuwaton dan Desa Purwodadi pada umumnya, lebih luas lagi Kecamatan Tembarak dan Kabupaten Temanggung,” ungkapnya. (MC TMG/Safy;Farida;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top