Iklan Layanan Masyarakat

Kecamatan Tlogomulyo Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Kolam Ikan Lele

Selasa, 13 Okt 2020 16:04:58 1032

Keterangan Gambar : Pegawai di Kantor Kecamatan Tlogomulyo melepaskan sebanyak  2.000 benih ikan lele ke dalam kolam yang berada di lingkungan Kantor Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung, Selasa (13/10/2020).


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka mengoptimalkan lahan pekarangan serta mendukung program Tani Pekarangan, pegawai di Kantor Kecamatan Tlogomulyo melepaskan sebanyak  2.000 benih ikan lele ke dalam kolam yang berada di lingkungan Kantor Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (13/10/2020).

“Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan, sehingga bisa memiliki nilai manfaat yang lebih untuk menunjang dan memperkuat ketahanan pangan daerah,” ungkap Endang Purwaningsih, selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Tlogomulyo.

Ia menambahkan, Tani Pekarangan merupakan salah satu kegiatan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, untuk itu perlu diberikan edukasi kepada masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan salah satunya sebagai tempat budidaya ikan.

“Rencananya setelah ikan lele siap dipanen, sebagian bisa untuk konsumsi dan jika hasilnya banyak bisa dijual untuk membeli bibit lagi,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan kolam yang dijadikan media budidaya ikan lele, perlu dilakukan persipan sekitar satu minggu dengan menambahkan media berupa pupuk kandang untuk mematangkan kondisi air kolam yang baru dibuat, sehingga siap untuk ditebari benih ikan lele.

“Selain untuk budidaya ikan lele, disekitar kolam juga kita manfaatkan untuk menanam berbagai macam sayuran seperti Seledri, Bayam, Kangkung, Sawi dan berbagai macam sayur lainnya,” imbuhnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di rumah masing-masing, yang sebelumnya tidak dimanfaatkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top