Iklan Layanan Masyarakat

Ingatkan Warga Taati Protokol Kesehatan Petugas Pasar Gelar Patroli

Kamis, 02 Jul 2020 16:19:36 862

Keterangan Gambar :


Temanggung, Mediacenter-Petugas pengelola pasar dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinperindagkop UKM) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan patroli, berkeliling area pasar guna mengingatkan para pedagang dan pengunjung agar mengenakan masker dan menjaga protokol kesehatan. Tujuannya mencegah Virus Korona menyebar di pasar yang telah kembali ramai.
Staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Singgih Wijayanto mengerahkan enam orang petugas keamanan atau satpam untuk berkeliling dan melakukan patroli kesehatan pada siang hari. Selain enam orang itu, kata Singgih, pihaknya juga ada lima orang petugas retribusi yang menarik retribusi sambil mengingatkan pengunjung agar memakai masker.
"Untuk Satpam yang piket siang tiap hari ada enam orang. Mereka berkeliling, melakukan patroli. Juga dari petugas restribusi ada lima orang, sambil ngarcisi mengingatkan pengunjung yang tidak memakai masker", terang Singgih, Kamis (2/7/2020).
Setiap pagi, lanjut Singgih, pihaknya berinisiatif menyiarkan petunjuk protokol kesehatan, seperti pemakaian masker dan pentingnya menjaga jarak melalui pengeras suara. Siaran itu juga diputar berulang-ulang selang beberapa jam kemudian. Tujuannya agar pedagang dan pengunjung selalu ingat menjaga kesehatannya.
Pihak UPT juga berupaya melakukan penyemprotan disinfektan di area pasar sepekan sekali setiap Hari Minggu. Sedangkan pada setiap Sabtu sore selalu dilakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri oleh sekitar 10 orang anggota paguyuban pedagang pasar.
"Saya juga sering ikut memantau ke pasar, memastikan pedagang dan pengunjung disiplin melaksanakan protokol kesehatan", katanya 
Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya dilakukan secara mandiri oleh pedagang dengan memasang pembatas menggunakan plastik transparan. Para pedagang juga tertib menggunakan hand sanitizer dan mengenakan masker. Sejauh ini pedagang terpantau masih disiplin. Hanya saja banyak pengunjung yang masih kerap lupa mengenakan masker.
"Para pedagang juga memasang pembatas dengan plastik transparan. Alhamdulillah untuk pedagang masih tertib dan disiplin. Kalau pengunjung ada yang sering lupa tapi prosentasenya kecil. Tapi ya, tetap kita ingatkan", katanya.
Hal yang sama juga dilakukan pengelola Pasar Kaloran. Pedagang dan pengunjung terus diingatkan untuk menggunakan masker dan wajib mencuci tangan. Pihak pengelola pasar telah menyiapkan tiga lokasi tempat cuci tangan di pintu masuk dan keluar pasar.
"Protokol kesehatan masih berjalan seperti kemarin-kemarin. Masuk pasar wajib memakai masker, wajib cuci tangan di tiga lokasi pintu masuk/keluar. Kami menyampaikan himbauan agar pedagang dan pengunjung menjaga jarak aman", terang pengelola Pasar Kaloran. (MC.TMG/Tosian; Cuplis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top