Iklan Layanan Masyarakat

Hoaks KPU Akui Prabowo-Sandi Menang Pilpres

Rabu, 19 Jun 2019 10:56:49 836

Keterangan Gambar :


Jakarta, Kominfo - Sebuah konten tersebar luas di media sosial mengenai pengakuan Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) atas kemenangan Pasangan Calon Presiden 02 Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019.

Berdasarkan penelusuran dari Subdit Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan, postingan tersebut menarasikan "KPU RI Akui Prabowo-Sandi Menang 5,3 Juta Suara dari Jokowi Ma'ruf Amin, Prabowo Menang."

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyatakan, isu kemenangan Capres 02 dengan raihan 5,3 juta suara adalah hoaks. 

Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, KPU RI memang mengakui Prabowo-Sandi menang 5,3 persen, tapi jumlah suara itu hanya di daerah Jawa Barat. 

"KPU RI itu mengakui Prabowo-Sandi Menang 5,3 Juta Suara dari Jokowi-Ma'ruf, tetapi perolehan suara itu hanya di daerah Jawa barat. Berbeda dengan apa yang dituliskan dari postingan itu," kata Ferdinandus di Jakarta, Kamis (06/06/2019).

Konten itu disebut hoaks, lanjut Ferdinandus, dibuktikan dari tulisan atau caption status yang tidak menyertakan nama tempat atau daerah yang unggul untuk Prabowo-Sandi. 

"Postingan seperti ini dapat membangun premis setiap orang yang membacanya, bisa saja pembaca menyimpulkan secara keseluruhan, dan dapat menyimpulkan sendiri tentang apa yang mereka lihat dan mereka baca," terang Ferdinandus.

Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 6 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo. 

1. Selisih Usia Presiden Jokowi dan Ibunya adalah 10 Tahun

2. Putih Telur Dapat Mengobati Luka Bakar

3. M. Apriandy, S.IP Caleg Dapil 2 Tanjung Pinang Timur Dapat 800juta Dari Proyek RSUD TPI Buat Modal Nyaleg

4. Foto Kebiadaban Tentara Israel Lindas Anak Kecil Palestina Pakai Tank

5. Presiden Jokowi Sudah Tak Dihargai Dunia Internasional

6. Polwan Dibentak dan Dihukum oleh Warga Tionghoa

7. Bocah Korban Penculikan Ditemukan Dalam Peti Berisi Es

8. KPU RI Akui Prabowo Sandi Menang 5.3 Juta Suara Dari JokowiMa'ruf Amin, Prabowo Menang

9. Pria Pengguna Baju PKI Bebas dan Tidak Ditangkap **

Pencarian:

Komentar:

Top