Iklan Layanan Masyarakat

Harga Gabah Alami Kenaikan, Petani Senang

Senin, 19 Okt 2020 15:39:51 1293

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Harga gabah di Temanggung, Jawa Tengah belakangan mengalami kenaikan dibanding saat musim panen sebelumnya. Hal ini membuat petani padi merasa senang.

Yudi (52) salah seorang petani di Kelurahan Madureso, Kecamatan/Kabupaten Temanggung, mengatakan, saat musim panen sebelumnya gabahnya hanya laku terjual Rp 3.500 per kilogram (kg) untuk kategori Gabah Kering Giling (GKG) jenis IR. Hasil panen sekarang, meski masih dalam penjemuran gabahnya sudah ditawar Rp 5.000 per kg GKG.

"Harga ini lebih tinggi dibanding panen sebelumnya, cuma laku Rp 3.500 per kg. Yang sekarang sudah dibeli seharga Rp 5.000 per kg,"tutur Yudi, Senin (19/10/2020), di Temanggung. 

Yudi menanam padi di lahan seluas sekitar 6000 meter persegi. Pada panen kali ini ia mendapat hasil sekitar satu ton gabah. Tingginya harga gabah diduga lantaran kualitas hasil panen yang cenderung bagus. Selain itu, di daerah Temanggung baru usai panen tembakau, sehingga belum banyak yang menanam padi.

"Karena belum banyak yang tanam padi setelah panen tembakau, hasil panen padi juga masih sedikit. Hal ini membuat harga gabah cenderung tinggi,"ujar Yudi.

Ahmad (45) petani lainnya mengatakan hal senada. Hasil panen padinya terjual Rp 5.000 per kg. Ia memiliki areal lahan sekitar satu hektare. Sebagian ia tanami aneka sayuran, seperti terung dan jagung. Sebagian lagi ia tanami padi.

Namun karena hasil panen cenderung bagus saat ini, maka kuantitasnya pun lebih banyak. Hasil yang didapatnya hampir mencapai satu ton. 

"Harga gabah yang sekarang lebih tinggi dari panen sebelumnya. Mungkin karena belum ada panen padi setelah selesai panen tembakau,"katanya. (MC TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top