Iklan Layanan Masyarakat

Gerakan Serentak Minggu Bersih, Wujudkan Temanggung Bebas Sampah

Minggu, 08 Nov 2020 15:49:36 1114

Keterangan Gambar : Masyarakat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan kegiatan bersih-bersih serentak Minggu (8/11/2020).


Temanggung MediaCenter - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, menggelar Gerakan Temanggung Bersih. Kegiatan yang serentak dilakukan seluruh masyarakat di 20 kecamatan ini dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Temanggung ke -186. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, gerakan pemungutan sampah merupakan bagian dari gerakan Temanggung bersih. Langkah ini merupakan bagian dari program bebas sampah untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih bersih dan sehat, sebagaimana dicanangkan Bupati HM Al Khadziq. 

"Gerakan dilakukan secara serentak dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat, dengan lokasi dimulai dari lingkup rumah masing-masing. Ini kelanjutan kegiatan serupa pada Jum'at (6/11) dengan melakukan kebersihan di lingkungan perkantoran, alun-alun, terminal, sekolah dan fasilitas umum lainnya  yang dilaksanakan ASN," ujarnya Minggu (8/11/2020).

Ia menuturkan, persoalan sampah ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan seluruh elemen masyarakat. Maka setiap warga diminta pula untuk memilah sampah sejak dari rumah, dengan membagi menjadi sampah organik, anorganik, dan residu. Selain mempermudah pengelolaan dengan cara itu bisa memperpanjang usia Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. 

Entargo berharap, gerakan serentak dapat memotivasi dan mengedukasi masyarakat, agar memiliki kesadaran tinggi untuk mengelola dan menjaga lingkungannya supaya bersih dari sampah.

Kabupaten Temanggung sendiri selama ini memang terkenal dengan kebersihannya, dan budaya itu terutama telah ada sejak zaman dahulu semasa kepemimpinan Bupati Maschun Sofwan era Tahun 1964-1978.

Bandri (33 th), warga Lingkungan Maliyan, Kelurahan Sidorejo menuturkan, menyambut baik Gerakan Temanggung Bersih yang dicanangkan Bupati HM Al Khadziq. Sebagai masyarakat ia sekaligus ingin mangayubagya HUT Temanggung ke-186. 

"Semangat rasanya, bisa bersih-bersih serentak semua warga se-Kabupaten Temanggung, kalau rutin sebulan sekali begini saya yakin wilayah kita ini akan makin bersih dan sehat. Dengan begini secara tidak langsung mengedukasi masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih," katanya.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top