Iklan Layanan Masyarakat

Galang Dana Bagi Gempa Sulteng Terkumpul 600 Juta
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi Wisata Alam Wisata Kuliner INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL


admin 01 Des 2018 30
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung  menerima penggalangan dana dari masyarakat Temanggung  untuk gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dengan total Rp.669.143.500, dengan dana yang telah disalurkan sebesar Rp.424.810.000. 

Sejak dimulai penggalangan dana pada 5 hingga 22 Oktober 2018, BPBD telah melakukan enam kali penyaluran dana bantuan melalui rekening BPBD Poso. Namun banyaknya dana yang terkumpul belum seluruhnya diserahkan, dikarenakan sisa dana yang ada akan dilakukan transfer melalui rekening pemerintah daerah setempat. 

“Kita sisakan dana sekitar 240 juta ini bukan bermaksud meninggalkan sisa, tetapi memang kita belum melalui pemerintah resmi, selama ini hanya melalui yayasan – yayasan yang ada di lokasi bencana, jadi sisa dana tersebut akan kita salurkan melalui rekening pemerintah daerah setempat”, Jelas Gito Walngadi selaku Pelaksana Tugas Kepala Harian BPBD Temanggung, Kamis (29/11). 

Sementara itu, jumlah dana yang telah disalurkan tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bantuan untuk perwakilan relawan dari Temanggung ke Sulawesi Tengah sebanyak 6 orang dengan masing – masing Rp.750.000, sehingga total Rp.4.500.000. Selanjutnya juga bantuan pegungsi dari Palu di Desa Wonotirto Bulu Temanggung sebesar Rp.30.000.000 untuk 13 orang. Selain itu juga telah dibelanjakan bantuan berupa paket logistik di Sulawesi Tengah sebesar Rp.99.975.000. 

“Selain itu, bantuan juga untuk pembangunan masjid, mushola dan sarpras lainnya melalui Lazis yang ada di Palu sebesar 120 juta, juga bantuan untuk rehab masjid melalui Yayasan Ansif Solo perwakilan di Palu sebesar 100 juta, dan bantuan berupa kegiatan masjid dan pesantren bekerjasama dengan relawan Indonesia sebesar 50 juta”, sebut Gito. 

Terkait dengan penggalangan dana, sampai dengan saat ini BPBD Temanggung masih terus menerima bantuan dari masyarakat. Menurut Gito kalaupun ada dana yang masuk ke BPBD Temanggung akan tetap diterima dan penyalurannya akan dilakukan bersamaan dengan dana yang 240 juta tadi, dengan penyaluran melalui rekening pemerintah daerah setempat. Selain itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap masyarakat Palu, dalam beberapa hari kedepan dijadwalkan juga Wakil Bupati Temanggung akan melakukan kunjungan ke Palu. (MC TMG / Penulis ; Ria / Foto ; Agung / Editor ;Ekp.)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top