Iklan Layanan Masyarakat

Eling Ngopi Terobosan Unik Konsultasi Kesehatan

Kamis, 02 Jul 2020 17:51:54 330

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat, Puskesmas Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah membuat sebuah inovasi untuk meningkatkan antusias masyarakat dalam melakukan konsultasi seputar masalah kesehatan. Inovasi unik ini diberi istilah “Eling Ngopi (Edukasi Keliling Ngobrol Pintar)” yang di launching pada Tahun 2019 silam.

Kepala Puskesmas Selopampang Puji Lestari mengungkapkan, inovasi ini didasari karena berkurangnya minat masyarakat untuk melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan. Selain itu, pasien yang sebelumnya melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan di ruang pemeriksaan terkadang tidak bisa dilayani dengan maksimal karena keterbatasan waktu, sehingga pasien yang membutuhkan konsultasi lebih akan diarahkan menuju ruang konsultasi. 

Puji menjelaskan, ada 9 pilihan menu “Eling Ngopi” yang bisa dipilih masyarakat dalam melakukan konsultasi sesuai tema, diantaranya Ngopi Keprok (Ngobrol Pintar Tentang Kesehatan Reproduksi), Ngopi Usil (Ngobrol Pintar Tentang Masalah Usia Lanjut), Ngopi Mili (Ngobrol Pintar Tentang Ibu Hamil dan Menyusui), Ngopi Hit (Ngobrol Pintar Tentang Masalah HIV dan Tubercolusis), Ngopi Demit (Ngobrol Pintar Tentang Diabetes Mellitus dan Hipertensi), Ngopi Ganja (Ngobrol Pintar Tentang Gangguan Jiwa) serta Ngopi Pedas (Ngobro Pintar Tentang Pendidikan Anak Usia Dasar).

Ia menambahkan, kegiatan “Eling Ngopi” dilaksanakan setiap hari kerja dengan jadwal tertentu. “Konsultasi kita buka setiap hari dengan jadwal tertentu, tetapi misal ada yang berkonsultasi diluar jadwal yang sudah kita tentukan, tetap kita layani”, imbuhnya.

Sejak inovasi ini diluncurkan, kunjungan masyarakat ke Puskesmas mengalami peningkatan signifikan.
“Sebelum ini, untuk konsultasi seputar gangguan jiwa kalau tidak kita datangi ke rumah mereka tidak mau periksa, setelah adanya Ngopi Ganja, mereka datang ke Puskesmas, meskipun pada waktu awal mereka masih malu, tapi setelah itu mereka dengan kesadaran sendiri mau datang untuk konsultasi”, jelas Puji.

Puskesmas Selopampang dibangun pada Tahun 2016 dan diresmikan pada awal Tahun 2018. Puskesmas termegah di Kabupaten Temanggung dengan peringkat Terakreditasi “Paripurna” ini menyediakan fasilitas Rawat Jalan dan Rawat Inap. Sejak adanya pandemi Covid-19, jumlah kunjungan di Puskesmas Selopampang mengalami penurunan, meskipun dalam beberapa bulan terakhir mulai mengalami peningkatan kembali.

“Mulai Bulan Juni - Juli sudah mulai meningkat lagi, rawat inap juga sudah ada lagi, jumlah kunjungan juga sudah mulai meningkat,” ungkap Puji Lestari saat ditemui di kantornya, Kamis (02/07/2020).

Ia menjelaskan, beberapa kegiatan Puskesmas ke desa-desa yang dulunya sempat tertunda akibat adanya pandemi, mulai bulan Juni 2020 sudah dimulai kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak ada acara kumpul-kumpul, tapi kegiatan tetap kita lakukan. Misalnya Posyandu kita datangi untuk penimbangan dengan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (MC.TMG/Safi;Farida;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top