Iklan Layanan Masyarakat

Drone HOPE Karya Putra Terbaik Temanggung
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL


Temanggung, MediaCenter – Putra-putra terampil dari Kabupaten Temanggung mampu menciptakan terobosan baru di dunia pertanian dengan membuat Drone yang dapat menyemprotkan pupuk atau pembasmi hama cair melalui udara. admin 12 Feb 2019 17
Blog single photo

Temanggung, MediaCenterPutra-putra terampil dari Kabupaten Temanggung mampu menciptakan terobosan baru di dunia pertanian dengan membuat Drone yang dapat menyemprotkan pupuk atau pembasmi hama cair melalui udara.

Drone merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh lewat remote control. Dengan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki 5 (lima) orang putra Temanggung mampu membuat Drone pertanian yang dinamai Drone HOPE, sesuai dengan namanya HOPE yang berarti harapan, yang nantinya dapat memberikan manfaat di sektor pertanian bahkan dapat menjadi harapan bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Drone HOPE diproduksi mulai dari April 2017 dan mulai diuji coba terbang perdana pada Agustus 2017, Drone HOPE juga telah uji coba terbang di berbagai daerah di indonesia mulai dari Sragen, Banyuwangi, Subang. Pihak Kementerian Pertanian pun telah memesan Drone HOPE sebanyak 50 unit pada Agustus 2018 lalu dengan harga 150 juta untuk setiap unitnya.

Sistem kerja Drone ini adalah dengan menyemprotkan pupuk cair atau cairan pembasmi hama melalui udara. Drone ini memiliki berat 15 Kg yang mampu menampung air 15 Liter dan mampu terbang sejauh 2.5 Km dengan durasi terbang 17 menit.

Dijumpai disela-sela proses pembuatan Drone HOPE, Senin (11/02), salah satu pemuda terampil asal Kabupaten Temanggung, Mundik Prabowo dan salah satu tim Drone HOPE mengaku kendala pengerjaan Drone adalah pada proses pengerjaan saja, dikarenakan setiap anggota juga mempunyai kesibukan masing-masing, jadi tidak bisa setiap waktu mengerjakan Drone tersebut.

Sampai saat ini mereka tetap menjalin komunikasi intens dengan berbagai kota untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan Drone HOPE. “Namun fokus utama kami untuk saat ini agar segera menyelesaikan pesanan dari Kementerian Pertanian RI yang telah memesan 50 unit Drone HOPE, namun kami baru mengirim 3 unit dan unit ke-4 ini baru kamis uji kelayakan terbang dan akan segera kami kirimkan kembali,” tandas pemuda yang akrab dipanggil Mundik tersebut. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung, Editor: Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top